MUTIARA NASIHAT #291
JANGAN TERTIPU DENGAN YANG MENYENANGKAN!!!

Bismillah
Siapa yang ingin susah??? Tentu setiap kita mendambakan kehidupan yang menyenangkan. Hidup senang, sehat, cukup, sejahtra, semua ada dan sentausa.....
Namun tidak semua yang menyenangkan kita di dunia itu baik, bahkan banyak kesenangan - kesenangan...justru berujung kesengsaraan....di akhirat kelak...
Senang dengan kemusyrikan
Senang dengan bid'ah
Senang maksiat...
Senang dengan dosa-dosa
Senang dengan perkara yang diharamkan.....
Senang berkata dusta...
Senang ghibah...
Senang boros..
Senang dipuji
Dan neraka diliputi dengan hal yang menyenangkan
Dan surga diliputi dengan perkara yg tdk menyenangkan
Shalat lima waktu sebagian kita masih menganggap beban yang tidak menyenangkan.....
Baca quran sebagaian kita masih enggan dan tidak menyukai dibanding mendengar musik...
Hadir di majlis ilmu...masih ada diantara kita yang merasa berat...dan lebih senang nonton bioskop, dan hiburan-hiburan yang penuh maksiat.
Zakat dan bersedekah, masih ada diantara kita yang enggan, bahkan lebih suka mengambur-amburkan uangnya untuk poya-poya, pemborosan, pesta-pesta..dllnya.
Berziarah kubur untuk mengingat kematian masih banyak yang enggan dan berat, dan lebih suka pergi ke kuburan-kuburan tertentu...untuk mengalap berkah.
Bahkan masih ada yang enggan untuk memberi makan fakir miskin  atau anak yatim, lebih suka pada mentraktir teman kerja atau orang-orang  yang tidak lapar.
Dan masih banyak perkara yang tidak menyenangkan, padahal itu mengajak kepada surga.....dan banyak perkara-perkara yang  menyenangkan dan mengarah ke nearaka
Maka waspadalah!!!
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « حُجِبَتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ ، وَحُجِبَتِ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ »
 (neraka itu diliputi oleh hal2 yg menyenangkan)
(HR. Bukhari V/2379 no.6122)
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « حُفَّتِ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ وَحُفَّتِ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ ».
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Surga itu diliputi dengan hal2 yang tidak menyenangkan, dan neraka itu diliputi hal2 yang menyenangkan."
(HR. Muslim IV/2174 no.2822, At-Tirmidzi IV/693 no.2559, dan Ahmad III/284 no.14062)
Allahumma ya Allah, aku mohon kecintaan-Mu, dan kecintaan dengan orang mencintaimu, dan kecintaan kepada amal yang mendekatkan diri kami dengan kecintaan pada-mu.
Allahua'lam.
Prabumulih
Abu Salaman Abdurrahman Ayyub.
WA.081310144169
Hp 081310144169
Fb Abdul Rahaman Ayub

BB 56D39801

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #290
RAHASIA KEKUATAN RAKYAT INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERANG DUNIA KETIGA

Bismillah
Kalau kita baca dimedia nasional ataupun international,  ada beberapa pakar strategi keamanan dan politik, yang menggambarkan tentang akan terjadinya perang dunia ketiga. Ya tentunya Allah Ta'ala Yang Maha Tahu hal-hal yang  terjadi yang akan datang.
Dan kita memohon kepada Allah Ta'ala, perkara yang terbaik.
Adapun rakyat Indonesia, kalau saya bandingkan dengan rakyat-rakyat di negara maju, tentunya kita lebih siap dari mereka.
Saya pernah berada di beberapa negara, tidak ada negara yang rakyatnya terlatih seperti di rakyat.  Indonesia tentunya selain negara-negara yg sedang terjadi konflik,  antara lain:
1.Mobilisasi, dalam perang ada pergerakan masa untuk menghindari jatuhnya korban yang banyak. Alhamdulillah kita terlatih tiap lebaran jutaan manusia bergerak dengan segala bentuk transportasi dari pesawat hingga bajaj, bahkan motor di modif tambah papan dll.😃
2.Ketabahan, rakyat kita terkenal ketabahannya, punya pengalaman dijajah lebih dari 350 tahun zaman belanda, dan Jepang. Sampai sekarang ketabahan itu terwaiskan, lihat...petani banyak bekerja keras dengan hasil akhir hutang pupuk.
Pemancing berjam-jam disungai hanya mendapatkan beberapa ekor ikan. Kuli-kuli panggul masih banyak kaum ibu, apalagi kaum pria. Kemacetan di kota-kota besar sudah hal yang biasa.
Budaya antri, kita bisa lihat, antri naik kereta, antri beli tiket, antri pembagian sembako...bahkan anak-anak kecil dan nenek-nenek ikut sampai ada yang luka-luka dsb.
Ini semua hal yang lumrah terjadi di masa perang.
3.Kamp penampungan, setiap masuk musim banjir kita akan lihat tenda-tenda posko banjir, bahkan tenda-tenda militer kadang digunakan. Rakyat kita sudah biasa hidup di penampungan dengan makanan ala kadarnya, dan serba antri, hal ini suatu yang ada dalam kancah perang.
4.Kekuatan masa, jangan kawatir sebagian pelajar kita sudah biasa tauran, demo  dan sebagainya, karena susah ntuk dicegah,  tentunya kita liat keberanian mereka melawan musuh negara. Bahkan kita banyak stok sporter bola yang berani mati untuk team bolanya, nah harus juga brani mati ntuk negaranya.
Masih segudang kekuatan rakyat kita untuk menghadapi perang dunia ketiga....apalagi Indonesia mayoritas kaum muslimin sudah teruji dalam melawan Belanda dan Jepang......
Namun kedamaian, tentu dambaan kita semua....maka kita minta pada Allah Ta'ala yang terbaik. Dan Islam melarang berharap bertemu musuh, atau berharap perang, dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لا تَمَنَّوْا لِقَاءَ الْعَدُوِّ فَإذَِا لَقِيتُمُوهُمْ فَاصْبِرُوا
Janganlah kalian berharap-harap bertemu dengan musuh. Akan tetapi, jika kalian telah bertemu dengan musuh,bersabarlah!” (HR. al-Bukhari no. 3025 dan Muslim no. 1741)
Maka hendaklah kita memohon pada Allah Ta'ala agar tidak terjadi perang dunia ketiga, adapun bila terjadi juga sabarlah...
Allahumma ya Allah jangan timpakan pada kami ujian yang kami tidak sanggup memikulnya, maafkanlah kami, ampunilah kami, dan sayangilah kami, Engkau adalah Penolong kami, maka tolonglah kami, dalam menghadapi kaum yang kafir. ( ujung ayat 286 surat al-baqarah )
Allahu'alam
Palangkaraya.
Abu Salman.Abdurrhaman Ayyub.
WA.081310144169
Hp 081310144169
Fb Abdul Rahaman Ayub

BB 56D39801

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #289
KEAGUNGAN ISLAM

Bismillah
ISLAM itu tinggi, mulia, agung, tidak ada yang lebih tinggi, lebih agung, lebih mulia.......
Hadits Nabi shalallahu 'alaihi wasalam, di bawah ini:
حديث " الإسلام يعلو ولا يعلى "
Islam itu tinggi tidak ada yg lebih tinggi....
الحديث رواه الدارقطني في سننه
وقال عنه الألباني رحمه الله : حسن .
وذلك في صحيح الجامع الصغير رقم : 2778
Kaum muslimin dan muslimah.....
Kalau kita perhatikan informasi di dunia, berita di dunia, kejadian-kejadian di dunia....bahwa negara besar di dunia baik Amerika dan Rusia, mereka sibuk membicarakan dunia Islam, perkembangan kaum muslimin, dalam segala bidangnya.
Ketakutan mereka terhadap perkembangan Islam.
Walaupun mereka membuat tipu daya dengan segala cara untuk menjauhkan manusia dari Agama yang mulia ini, namun Allah Ta'ala mempunyai cara yang mereka tidak mengetahuinya.

Beruntunglah kita yang beragama Islam, walau umat Islam dibelahan bumi banyak yang terdzolimi, teraniaya, dibantai dan sebagainya
Namun ironisnya ada sebagian kita justru tidak peduli dengan agamanya. Terutama mereka yang terlahir dari bapak ibu islam.
Islam yang disandang dari turunan bapak ibunya. Tidak mau belajar dan mempelajari Islam. Tidak mengamalkan rukun-rukunnya....berlalu begitu saja hingga datang kematian, mencukupkan diri dengan KTP,  yang bertuliskan Agama:  Islam.
Semoga Allah memberi hidayah pada kita,  untuk mengamalkan Islam yang kita yakini kemuliaannya,  keagungannya.....
Aamiiin Ya Rabbal'alamiii
Palangkaraya
Abu Salman Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169
Hp 081310144169
Fb Abdul Rahaman Ayub

BB 56D39801

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #288
BANGKAI TETAP BANGKAI

Bismillah
Ketika jalanan macet, sempat-tengok selokan yang begitu kotor ada tikus keluar dari lobang yg kotor, dan sepertinya asik sedang berendam dan memakan makanan yang kotor.
Kita pernah mendengar atau melihat, burung bangkai berebut bangkai yang berbau busuk, mencabik-cabik bangkai dengan paruh dan kukunya yang tajam, ada yang mendapat bagian isi perutnya yang sudah busuk, ada yang bagaian dagingnya dan lainnya...namun ada juga yang tidak mendapatakan sama sekali, karena persaingan yang begitu ketat, hingga hanya mendapat bau busuk bangkai itu.....
Kalau ilustrai ini kita kembangkan terus maka saya kawatir diantara pembaca bisa muntah, atau jadi tidak enak makan, karena bangkai tetaplah bangkai......yang bau menjijikan, memuakkan,  memualkan.....
Namun itulah dimensi..cara pandang berbeda, ...kita mual meliat bangkai diperebutkan, namun tikus, burung bangkai, heina dll, binatang-binatang itu dengan lahapnya..berebut memangsa....
Dimensi dan sudut pandang berbeda, Allah Ta'ala dan Nabinya yang mulia, menyamakan duni yang kita perebutkan dengan bangkai, sebagaimana riwayat yang sahih dari Jabir bin Abdillah radhallah 'anhu berkisah, “Rasulullah shalallah 'alaihi wasalam, melewati pasar sementara orang-orang ada di sekitar beliau. Beliau melintasi bangkai seekor anak kambing yang kecil atau terputus telinganya (cacat). Beliau memegang telinga bangkai tersebut seraya berkata:
أَيُّكُمْ يُحِبُّ أَنَّ هَذَا لَهُ بِدِرْهَمٍ؟ فَقَالُوا: مَا نُحِبُّ أَنَّهُ لَنَا بِشَيْءٍ وَمَا نَصْنَعُ بِهِ؟ قَالَ: أَتُحِبُّونَ أَنَّهُ لَكُمْ؟ قَالُوا:وَاللهِ، لَوْ كَانَ حَيًّا كَانَ عَيْبًا فِيهِ لِأَنَّهُ أَسَكُّ فَكَيْفَ وَهُوَ مَيِّتٌ؟ فَقَالَ: فَوَاللهِ لَلدُّنْيَا أَهْوَنُ عَلَى اللهِ مِنْ هَذَا عَلَيْكُمْ
Siapa di antara kalian yang suka memiliki anak kambing ini dengan membayar seharga satu dirham?” Mereka menjawab, “Kami tidak ingin memilikinya dengan harga semurah apapun. Apa yang dapat kami perbuat dengan bangkai ini?” Rasulullah n kemudian berkata, “Apakah kalian suka bangkai anak kambing ini menjadi milik kalian?” “Demi Allah, seandainya pun anak kambing ini masih hidup, tetaplah ada cacat, kecil/terputus telinganya. Apatah lagi ia telah menjadi seonggok bangkai,” jawab mereka. Beliau pun bersabda setelahnya, “Demi Allah, sungguh dunia ini lebih rendah dan hina bagi Allah daripada hinanya bangkai ini bagi kalian.” (HR. Muslim no.7344)
Maka terserah kita mau menjadikan dunia ini sebagai bangkai sehingga hanya sekedar tidak melupakannya , atau yang menikmati seperti tikus atau burung bangkai yang berebut...
Berebut dan mencabik-cabik dagingnya,  kulitnya..., ekornya.. bahkan isiperutnya yang penuh kotoran yang berbau busuk, busuk karena tidak mengenal halal haram....bahakan diantara manusia ada yang mendapatkan baunya saja...bahkan dengan meninggalkan kehidupan akhirat.
Tidak sempat shalat mengaji, beribadah hanya sekedar bangkai yang bau busuk, bahkan ada yang hanya bau busuk bangkai yang dibawa mati....
laa haulaa wala quwwata illa billah.
Allahua'lam.
Jaya Baya
Abu Salman Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169
Hp 081310144169
Fb Abdul Rahaman Ayub

BB 56D39801

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #287
KUTEGUR DIRIKU DENGAN NASIHAT INI

Bismillah
Di antara manusia ada yang tergesa-gesa dan menceburkan diri dalam poligami tanpa mencermati dari keadaan dan tanpa pemikiran yang matang sehinga hanya akan menghancurkan kebahagiaan keluarga serta memecah belah kesatuan, hingga akhirnya menjadi seperti orang badui yang mengatakan.
“Aku menikahi dua orang wanita karena ketidaktahuanku yang parah
Terhadap kesengsaraan yang dialami oleh orang yang beristeri dua.
Lalu kukatakan, aku berjalan di antara keduanya bagaikan seekor kambing
Digembalakan diantara dua ekor kambing betina terhormat.
Sehingga aku menjadi seperti kambing yang pergi pagi dan sore hari
Yang berkeliling di antara dua ekor srigala jahat
Keridhaan yang ini akan memicu kemarahan yang lain
Sehingga aku tidak pernah selamat dari salah satu dari dua kemarahan
Dalam hidup ini aku singkirkan semua bahaya
Demikian juga dengan bahaya di antara dua madu
Untuk yang ini satu malam dan yang lainnya satu malam juga
Selalu ada celaan pada kedua malam tersebut
Oleh karena itu, jika Anda ingin tetap mulia
Dengan berbagai kebaikan yang ada di tangan
Maka hiduplah membujang, kalau memang tidak bisa
Maka hidup dengan satu isteri saja sudah cukup daripada mendapatkan keburukan dua isteri”
Apa yang diungkapkan oleh orang badui ini tidak mutlak benar, tetapi orang yang membebani dirinya dengan poligami sedang dia tidak mempunyai kemampuan untuk memberi nafakah, mendidik dan mengurus dengan baik, maka tidak mustahil dia akan terjerumus ke dalam apa yang dirasakan oleh si badui itu, berupa kejenuhan dan kepenatan hidup.Nb
_________
Nb:
Disalin dari buku Al-Intishaar li Huquuqil Mu’minaat, Edisi Indonesia Dapatkan Hak-Hakmu Wahai Muslimah, Penulis Ummu Salamah As-Salafiyyah, Penerbit Pustaka Ibnu Katsir, Penerjemah Abdul Ghoffar EM. Sumber www.almanhaj.or.id
Allahu'alam
Pondok Aren
Abu Salman Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169
Hp 081310144169
Fb Abdul Rahaman Ayub

BB 56D39801

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #286
UCAPAN TERBAIK UNTUK SAUDARA KITA YANG SEDANG DIDZOLIMI

Bismillah
Fenomena yang menyayat hati ketika kita menyaksikan saudar-saudara kita dibantai dibombardir, dibunuh, disiksa, baik di Paleatina, Suria, Rohingya dan lainnya....
Foto anak-anak terkubur di reruntuhan, bermandikan darah, dn sebagainya...tentu akan mengusik hati kita......
Maka doa dan terus memohon pada Allah Ta'ala, agar mereka siberi kesabaran,  dan pertolongan Allah, sudah merupakan kewajiban setiap kita.....
Dan apa yang Nabi shallah 'alaihi wasalam, ucapankan kepada keluarga Ammar bin Yair ketika menghadapi siksaan dari kaum musyrikin di Mekah, ucapan ini menjadi penghibur hati, penguat hati, pelipur lara, .....
 قول الرسول -صلى الله عليه وسلم-: (صبراً آل ياسر فإن موعدكم الجنة)؟
Bersabarlah wahai keluarga Yasir. Sesungguhnya kesudahan akhir bagi kalian adalah surga”, demikian sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  kepada mereka.
Sabar wahai saudara ku di Palestian.....janji Allah pada Mu...yang muslim adalah Jannah...
Sabar wahai saudaraku di Suria.......
Janji Allah kepadamu adalah Jannah......
Sabar wahai saudaraku dimana saja yang tertindas terdzolimi, teraniaya....janji Allah padamu adalah jannah.....
Allahumma Ya Allah tolonglah saudar-saudara kami yg tertindas dimana saja mereka berada.
Allahua'lam

Pondok Aren
Abu Salman Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169
Hp 081310144169
Fb Abdul Rahaman Ayub

BB 56D39801

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #285
WASIAT UNTUK TIGA PUTRIKU

Bismillah
Alahamdulillah...dipundakku ada 3 bunga sedang tumbuh....
Bunga yang pertama...sedang berjuang di LIPIA Syari'ah....tak kenal lelah...tak kenal pria..jika ditanya selalu belum siap.....
Bunga yang kedua sedang berjuang menghadapi ujian hafalannya 30 juz....kadang semangatnya perlu dipupuk dengan siraman nasihat dan doa dari umminya....
Yang ketiga...sedang berjuang..karena dia mantan bungsu...sejak ada adiknya ..kini banyak tingkah laku yang tidak seperti biasanya....kurang mendengar perintah...cari perhatian dengan...tingkah yang membuat kita....terpancing marah...
Semoga perjuangan mereka masing-masing dimudahkan Allah Ta'ala..
Aku wasiatkan padamu wahai putri-putriku bunga hatiku...pewangi seluruh plosok ruangan rumah kita...dan pewangi rongga dadaku.
Hendaklah beribadah pada Allah Ta'la  dengan ikhkas dan mutaba'ah...mengikut sunnah jangan berbuat bid'ah dan jauhi kemusyrikan....
Hendaklah kamu penuhi hatimu...dengan kecintaan pada Ilahi...sebagai tolok ukur  tuk perjalanan cintamu selanjutnya......
Mengharap dan takut kepada-Nya, Allah Dzat satu-satunya untuk kita  tambatkan perhu jiwa kita....agar tetap tegar ketika ditimang gelombang....
Gelombang kehidupan yang kadang tidak bersahabat....
Gelombang pergaulan yang kian buas dengan warna gemerlap dunia dan umbaran nafsu belaka.....
Gelombang persaingan yang kian ketat, teman bisa menjadi lawan....
Maka perbanyaklah kawan seiman dan seaqidah namun tetap berlembut sapa dengan yang belum mendapatkan hidayah....
Nabi kita yang mulia shalawat dan salam kepadanya....telah membekali kita...untuk kehati-hatian dalam mencari teman....
Apalagi teman untuk membina rumah tangga .....
Bukan hanya hartanya yang kau cari....ianya bisa mengecewakan mu suatu saat.....
Bukan hanya ketampanannya yang kau dambakan....karena hal itu sangat rapuh...karena ketampanan miliknya...lambat laun akan punah, ditelan masa....yang akhirnya...hanya lipatan kulit dan putihnya uban bak salju...
Diatas itu semua carilah pemuda yang bertaqwa, beritauhid, berilmu....yang soleh....
Karena hal itu semua dapat menutup kekurangannya...kalau dia tak tampan...kalau dia tidak tinggi badannya...kalau dia tak mempunyai harta.....
Ketaqwaannya, ilmu dan kesolehan, itulah yang menjadikan dia tinggi dan tampan...serta gagah dalam beribadah....
Namun Abi dan Ummimu selalu berdoa...agar jodoh putri-putri  kami Allah Ta'ala sampaikan pemuda yang bertaqwa...berilmu, soleh..ganteng dan gagah yang mempunyai kecukupan harta....
Tentunya doa dan harapan kami, berpacu dengan takdir Ilahi...maka ridholah dengan apa yang Allah beri....
Samudra kehidupan kedepan sangat biru karena dalamnya....sunghuh akan menjadi haru biru jika kau mengecewakan ummimu....yang telah kering air matanya dalam merawatmu, yang sakit dalam melahirkanmu, dan kadang sakit juga hatinya...dengan tingkahmu...
Berbakti kepada ummimu....tidak akan terputus walau yang paling utama adalah kau patuh dan taat pada suamimu...selama tidak maksiat......
Jadikanlah rumah tanggamu wasilah ntuk pendekatan diri pada Ilahi....
Walau kadang bahtera rumah tanggamu...digoncang bermacam-macam gelombang.....
Gelombang...ekonomi
Gelombang...lingkungan sosial..
Gelombang persaingan....
Gelombang...poligami.....
Gelombang...kehidupan yang warna wari......
Sabar dan tabahlah...tawakal dan yakinlah hingga nyawa mergang raga....bahwa...di sana....di akhirat kelak...ada janji Allah bagi siapa saja yang bertaqwa, ridho menjalankan titik-titik suratan taqdir.....
Allahumma Ya Allah,  jadikan putri-putri kami, penghalang dari neraka-Mu, dan jadikan sebagai saham untuk masuk ke jannah-Mu.
Allaua'lam
Pondok Aren
Abu Salman Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169
Hp 081310144169
Fb Abdul Rahaman Ayub

BB 56D39801

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #284
MUHASABAH DAN DEKLARASI

Bismillah
Untuk mereka yang pernah kughibai
Untuk mereka yang pernah ku dzolimi
Untuk mereka yang pernah kusakiti
Untuk mereka yang pernah kulukai dengan lisan dan tanganku dengan sindiran dan tulisanku.....
Untuk mereka yang pernah kucurangi
Untuk mereka yang pernah ku rampas haknya.....
Untuk mereka yang pernah ku hutangi dan belum terbayar jika ada bukti......
Untuk mereka yang pernah berkerja sama dengan ku.....
Tuntutlah di dunia ini.......
Tuntutlah selama kita kita masih hidup.....
Tuntutlah......Sesuai apa yang ada...

Atau maafkanlah aku.....
Atau relakanlah aku.......
Atau halalkanlah aku.....
Atau ikhlaskanlah aku....
Atau kasihanilah aku.......
Siapun kamu, yang telah mendzolimi, mengghibai,merampas hakku, menyakitiku, melukai ku baik dengan lisan dan tulisan perkataan atau sindiran, yang telah mencurangiku, yang tidak membayar hutang padaku.....demi Allah aku telah ridho dan ikhlas...telah lapang dadaku..
Telah ku maafkan kamu....
Semoga kemaafan antara kita mempermudah kita di hadapan Allah Ta'ala........aamiiiin ya Rabbal'alamiiin
Allahumma Hasibni Hisaaban Yasiiro
Allahua'lam
Depok
Abu Salman Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169
Hp 081310144169
Fb Abdul Rahaman Ayub

BB 56D39801

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #283
MEMAKSIMALKAN WAKTU DAN AMALAN

Bismillah
Sejauh mana keefektifan hidup kita, waktu kita, umur kita?
Tentu masing-masing kita yang tau dan Allah Ta'ala Maha Tahu dengan apa-apa yang kita kerjakan.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« اَلْمُؤْمِنُ الْقَوِيُّ خَيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَى اللهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ وَفِي كُلٍّ خَيْرٌ, اِحْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلاَ تَعْجَزْ »
“Mu’min yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari mu’min yang lemah, dan masing-masing memiliki kebaikan. Bersungguh-sungguhlah dalam (mengerjakan) hal-hal yang bermanfaat bagimu, mohonlah pertolongan dari Allah dan janganlah bersikap lemah.” (HR. Muslim )
#Berusaha sekuat mungkin jadi seorang mu'min yang kuat, walaupun hasilnya yang menentukan disisi Allah Ta'ala.
#Berusaha lari dari kelemahan, tidak merengek, mengemis, minta belas kasih dari manusia, apalagi bergantung dengan manusia, dan tetap berusaha bergantung hanya pada Allah Ta,ala.
#Bersungguh-sungguh dalam mengerjakan hal yang beanfaat untuk dirinya keluarganya, umat islam, umat manusia pada umumnya dalam bentuk mengerjakan ibadah dalam arti luas.
#Selalu meminta pertolongan pada Allah Ta'ala, dalam dzikir, dalam bersykur dalam baiknya ibadah, dalam segala aktivitas mehidupan,  termasuk minta pilihan dari Allah Ta'ala, terhadap perkara-perkara yang dia ragu untuk melangkah.
Dalam kitab Qawaid wa Fawaid, hal: 124
Ada Beberapa Pelajaran yang Dapat Dipetik dari Hadits di atas:
Dorongan untuk mempergunakan waktu di dalam hal-hal yang mendatangkan manfaat bagi seorang hamba di dunia dan akhirat.
Motivasi untuk menjauhi perkara-perkara yang tidak ada artinya, serta menyibukkan diri dengan hal-hal yang mulia.
Dorongan untuk menundukkan diri sendiri dan meluruskannya, dengan cara menjauhkannya dari hal-hal yang bisa mencorengkan noda di atasnya, berupa tingkah laku yang rendah dan hina.
Campur tangan dalam perkara-perkara yang tidak bermanfaat akan mengakibatkan timbulnya perpecahan dan permusuhan antar umat.
Allahumma Ya Allah, tolonglah kami dalam mengingatMu, bersyukur padaMu, dan beribadah padaMu.
Dan limpahkan pada kami sahabat-sahabat, yang mengajak kepada ketaqwaan sebagaimana Sahabat Nabi-Mu dari kalangan Muhajirin dan Anshor.
Allahua'lam.
Pondok Aren
Abu Salman Abdurrahman Ayyub

WA.081310144169

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #282
TAUBAT DAN HEMAT???

Bismillah
Allah Ta'ala Maha Penyayang dan juga Maha Pengampun, menyediakan ampunan bagi siapa saja yang ingin bertaubat dari segala dosa yang ada....
Firman Allah Ta'la:
 قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ [الزمر : 53]
Katakanlah,"Wahai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
az-zumar-ayat-53
Allah Ta'ala Maha Penerima Taubat, Maha Pengampun, marilah kita menyambut seruan Allah Ta'la untuk segera bertaubat.
Taubat tentunya mempunyai syarat, sebagaiman yang telah dibahas oleh para ulama diantaranya:
1) Menyesal, (2) Berhenti dari dosa, dan (3) Bertekad untuk tidak mengulanginya.
Dan yg ke 4 jika berkaitan dengan hak-hak manusia hendaklah dia kembalikan dan meminta kehalalan,kemaafan dll.
Bukan hanya itu Islam mengajarkan kita untuk menghapus dengan berbuat baik bukan pasif, sebagai mana hadits dibawah ini:
قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم
(( اتَّقِ الله حيثما كنتَ، وأتْبِعِ السَّيِّئَةَ الحسَنَةَ تَمْحُهَا، وخالِقِ الناسَ بخلُق حسن ))
[ حديث حسن، أخرجه الترمذي ]
RasulullahShallallahu’alaihi Wasallam beliau bersabda : “Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “
[Hadits ini hasan. Diriwayatkan oleh : Ahmad , at-Tirmidzi , ad-Darimi dan al-Hâkim ]
Dalam hadits di atas ada kalimat iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik untuk menghapusnya......
Bagaimana seharusnya sikap kita???
Kalau dulu boros dalam maksiat kenapa sekarang hemat dalam taat???
Kalau dulu kuat olah raga kesana kemari dan meninggalkan shalat
Kenapa sekarang berat untuk ke masjid, ke majlis-majlis ilmu ???
Dahulu kuat bergadang....nonton perkara maksiat, kenapa sekarang berat untuk tahajjud???
Dahulu royal untuk saweran, tiket bola, bioskop, rokok, traktir untuk ulang tahun, pesta tahun baru, ketempat-tempat hiburan dll.
Kenapa sekarang hemat untuk infaq, bantu yayasan islam, bantu masjid, nyumbang dana kajian, sedekah dll????
Kalau dulu berbangga dengan dosa-dosanya, kenapa sekarang malu berbuat kebaikan???
Bahkan ironisnya.....seolah-olah pundi-pundi akhiratnya...sudah penuh.....
Bahkan ironisnya....seolah-olah sudah bersih seperti bayi baru lahir....
Bahkan ironisnya....dia menganggap....pahalanya sudah luber, lebih, ....jadi tinggal masa penghematan menunggu kematian.....
Padahal...para Sahabat yang mulia.
Ada yang masih.aktif berjihad ketika umurnya 85 tahun....lihat Abu Ayyub al Anshori.rodhiallah 'anhu ....dan sahabat besar Anas bin Malik Rodhiallah 'anhu yang sampai 103 tahun, diahbiskan untuk dakwah, dan mengurus kekuarga, jihad dll.
Begitu juga Umar bin Abdul 'Aziz dll.
Masih banyak segudang contoh....lalu siapa yang kita contoh......Taubat.....Tapi Hemat bahkan Bakhil....untuk berbuat baik...padahal kebaikan itu akan menguntungkan dia di alam barzah....di hari kiamat...di padang mahsyar...di timbangan kelak...ketika ditelaga Nabi shalallah 'alaihi wasalam, di sirot...dan akhirnya kebaikan yang di jumpainya di jannah bersama para Nabi, shiddiqun, syuhada, dan sholihin......
Allahahumma, kami memohon kecintaanMu, dan kecintaan orang yang mencintaiMu, dan kecintaan kepada amalan yang mendatangkan kecintaanMu...
Allahua'lam
Bima
Abu Salman Abdurrahman Ayyub

WA.081310144169

Baca selengkapnya...

MUTIARA NASIHAT #281
MENEGUK SERBAT NASIHAT DARI IMAM SYAFI'I

Bismillah
Hidup adalah usaha dan berdoa dalam meniti titik suratan taqdir, sehat dan sakit, miskin dan kaya, berteman dan bersendirian sudah merupakan warna warni kehidupan......perjalanan nan jauh akhirnya berlabuh dan tertambat di dermaga keluarga jua.......
Aku ibarat perahu yang kian tua....
Yang rapuh karena tempahan air laut yang asin...
Syair Imam as-Syafi'i....smoga menjadi obat ntuk menjalani sisa-sisa umur yang entah...bila Allah mengambilnya......
Inilah butir-butir syair beliau rohimahullah ta'ala:
-_ وَقَالَ فِى مُصَاحَبَةِ النَّاسِ _-
Komentar tentang pergaulan hidup
إِنْ غِبْتُ عَنْهُمْ فَشَرُّ النَّاسِ يَشْتُمُنِى
وَاِنْ مَرِضْتُ فَخَيْرُ النَّاسِ لَمْ يَعُدِ
Andaikata aku menjauhi mereka, maka segera muncul tanggapan negative mereka. Dan seandainya aku sakit, maka tidak seorangpun menjengukku, sekalipun dari orang terbaik dari mereka.
وَاِنْ رَأَوْنِى بِخَيْرٍ سَاءَ هُمْ فَرَحِى
وَاِنْ رَأَوْنِى بِشَرٍّ سَرَّهُمْ نَكَدِىْ
Manakala mereka tahu aku dalam kesenangan, mereka mengusik kebahagiaanku itu. Dan manakala mereka tahu aku dalam kesusahan, mereka semakin membebani penderitaanku.

-_ أَيْنَ الصَّدِيْقُ المُخْلِصُ _-
Mencari teman sejati
صَدِيْقٌ لَيْسَ يَنْفَعُ يَوْمَ بُوْسٍ
قَرِيْبٌ مِنْ عَدُوٍّ فِى القِيَاسِ
Tidak ada teman yang bisa diandalkan dapat memberikan pertolongan di saat sengsara, malah justru berbalik menjadi musuh
وَمَا يَبْقَى الصَّّدِيْقُ بِكُلِّ عَصْرٍ
وَلاَ الاِخْوَانُ إِلاَّ لِلتَّاسِى
Berteman itu tidak bisa langgeng setiap saat, demikian juga persaudaraan, kecuali jika ada pamrih mencari keuntungan.
عَمَرْتُ الدَّهْرَ مُلْتَسِمًا بِجُهْدِى
أَخَاثِقَةٍ فَأَلْهاَنِى التِّمَاسِى
Aku semarakkan hidup ini dengan penuh kesungguhan untuk mencari teman sejati, namun aku tak berhasil menemukannya.
تَنَكَّرَتِ البِلاَدُ وَمَنْ عَلَيْهَا
كَأَنَّ أُنَاسَهَا لَيْسُوْا بِنَاسِىْ
Negara dan penduduk di dunia ini sudah saling bermusuhan, seakan-akan mereka sudah tidak memiliki nilai-nilai kemanusiaan.

-_ أََخْلاَقُ النَّاسِ _-
Etika pergaulan
لَمْ يَبْقَ فِى النَّاسِ اِلاَّ المَكْرُ وَالْمَلَقُ
شَوْكٌ اِذَا لَمَسُوا زَهْرٌ اِذَا رَمَقُوا
Tidak ada dalam kehidupan pergaulan itu kecuali saling menjatuhkan dan atau saling kasih sayang. Suatu ketika akan terasa “duri” dan pada saat yang lain akan terasa “bunga”.
فَاِنْ دَعَتْكَ ضَرُوْرَاتٌ لِعِشْرَتِهِمْ
فَكُنْ جَحِيْمًا لَعَلَّ الشَّوْكَ يَحْتَرِقُ
Apabila engkau memerlukan pertolongan mereka,
bersikaplah bagai api yang dapat membakar duri itu.

-_ اِعْتِزَالُ النََََّاسِ _-
Memisahkan diri dari pergaulan
لَيْتَ الكِلاَبَ لَنَا كَانَتْ مُجَاوِرَةً
وَلَيْتَنَا لاَ نَرَى مِمَّا نَرَى أَحَدًا
Andaikata kita berteman dengan seekor anjing
lantaran tidak ditemukan seorang manusia
إِنَّ الكِلاَبَ لَتَهْدِي فَي مَوَاطِنِهَا
وَالخَلْقُ لَيْسَ بِهَادٍ شَرُّهُمْ أَبَدًا
Maka sesungguhnya seekor anjing pun mampu menunjukkan tempat tinggal kita
Sedang teman manusia belum tentu mau berbuat seperti itu, bahkan cenderung menyesatkan.
Allahu'alam
https://asya84.wordpress.com/2011/11/20/bait-syair-imam-syafii-rahimahullah-tentang-pergaulan-hidup/Diwan As-Syafi’i, cetakan pertama, Al-Maktabah At-Tijariyah

Pondok Aren
Abu Salman Abdurrahman Ayyub

WA081310144169

Baca selengkapnya...

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.