MUTIARA NASIHAT #278
DAKWAH ADALAH CARA ALLAH TA'ALA MENYELAMATKAN MANUSIA

Bismillah
Dakwah adalah ibadah yang mulia, tugas para Nabi dan Rasul shalawat dan salam atas mereka semua. Para Ulama telah membahas panjang lebar tentang dakwah yang hak, yang tidak lepas dari niat yang ikhlas dan cara yang benar menurut syari'at.
Dan begitu banyak dalil-dalil tentang keutamaan dakwah, pentingnya dakwah dll. Kita tidak akan membahas panjang lebar tentang itu semua, sebab hal itu merupakan pembahasan yang panjang.
Yang kita perlu ingat disini bahwa tanpa dakwah para Nabi dan Rasul, tanpa dakwah para Ulama, atau da'i-da'i, atau para juru dakwah...Allah Ta'ala Maha mampu untuk memberi hidayah seluruh manusia dari zaman Adam 'alaihi salam, hingga manusia yang terakhir. Sebagaimana Allah Ta'ala nyatakan dalam ayat ini:
وَلَوْ شِئْنَا لَآتَيْنَا كُلَّ نَفْسٍ هُدَاهَا وَلَٰكِنْ حَقَّ الْقَوْلُ مِنِّي لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ أَجْمَعِينَ [السجدة : 13]
13. Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk, akan tetapi telah tetaplah perkataan dari padaKu: "Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama."
Dalam Tafsir Ibnu Katsir:
وقال هاهنا ( ولو شئنا لآتينا كل نفس هداها ) ، كما قال تعالى ( ولو شاء ربك لآمن من في الأرض كلهم جميعا ) [ يونس : 99]
Disini ayat yang sama dengan ayat 32:13 yang menyatakan "Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk", sebagaimana firman Allah dalam surat Yunus: 99,
Dan jika Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang di bumi seluruhnya  ...
Maka ingatlah siapapun kita para dai, seaktif apapun dakwah kita, pada dasarnya perbuatan itu sangat mudah bagi Allah Ta'la, dan aktivitas dakwah pada dasarnya banyak menguntungkan pelakunya, baik untuk dirinya keluarganya dan manusia pada umumnya.
Maka janganlah sombong kalau ada hasilnya....karena itu semata dari Allah Ta'ala.
Dan jangan putus asa jika gagal, karena memang mutlak hasilnya di sisi Allah Ta'ala
Dan jangan heran jika ditentang, di ganggu, bahkan disakiti, diusir, diftnah, bahkan ancaman nyawa, karena itu semua adalah konsekwensi dakwah dan resiko dakwah.....maka sabarlah dengan kesabaran Ulul 'Azmi....shobron jamiil.....
Allahumma Ya Allah, jadikan kami hambaMu, yang meneruskan tugas Nabi dan Rasul-Mu dalam mengemban dakwah untuk -Mu.
Ya Allah tolonglah kami......
Allahu'alam
Sentul
Abu Aminah Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.