MUTIARA NASIHAT #276
KIAT MENGHIBUR DIRI

Bismillah
Berapa banyak manusia merasa paling susah, paling sengsara, paling menderita. Bahkan ketika melihat orang lain yang lebih kaya, lebih sejahtera, atau lebih bahagia, dia merasa dan terbetik dalam hatinya bahwa Allah tidak adil....kita berlindung pada Allah Ta'ala dari prasangka buruk pada Allah Ta'ala.
Sudah sewajarnya manusia yang mempunyai sifat kelu kesah dan gundah gulana, perlu menghibur diri, agar tidak putus asa, tidak mengingkari ni'mat dari Allah Ta'ala.
Dan Rasulullah shalallah 'alihi wasalam telah mengajarkan pada kita bagaimana kiat agar diri kita terhindar dari menyesali diri dan meremehkan ni'mat Allah Ta'ala.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
انْظُرُوا إِلَى مَنْ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ
Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim no. 2963).
Untuk urusan dunia hendaklah kita memandang saudara kita yang lebih susah, sehingga kita bersyukur pada Allah,  bahwa penderitaan kita belum seberapa dibanding si fulan atau si fulanah.
Maka hadirnya kita di masjid, berjumpa dengan kaum muslimin yang lain, atau di majlis-majlis ilmu, atau ketika kita hadir undangan walimah, akan terjumpa oleh kita, bahwa ada saudara2 kita yang lebih susah dan sengsara dari kita. Maka lisan kita akan berkata "Alhamdulillah saya tidak diuji seperti si fulan atau si fulanah"
Maka janganlah kita seperti katak dalam tempurung, yang tidak peduli dengan dunia luar atau lingkungan sehingga merasa dirinya paling sengsara, paling menara....
Allahumma Ya Allah, jadikan kami hamba yg pandai bersykur, dan jauhkan dari kami ujian yang kami tidak sanggup memikulnya...aamiiin.
Allahu'alam
Solo
Abu Salman Abdurrahman Ayyub
WA081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.