MUTIARA NASIHAT #268
‘IED BAHAGIA DAN AIR MATA

Bismillah
Alhamdulillah, di negri yang kita cintai ini, kita dapat merayakan Ied Adha dengan tenang, suka cita, makanan melimpah hewan qurban pada umumnya ada dimana-mana, terutama di kota-kota besar.
Walaupun untuk daerah-daerah terpencil atau jauh disana, masih ada umat Islam yang tidak dapat merasakan kebahagian ied qurban karena tidak adanya hewan qurban, atau ada daerah yang terusik keamanannya.
Bahkan jauh di sebrang sana, saudara-saudara kita di Suria, Palestina,  Iraq. Afghanistan dan lainnya.....di tempat-tempat pengungsian dan pelarian....mereka merayakan ied dalam tenda-tenda dengan apa adanya....
Mudah-mudahan mereka merasakan kebahagian sebagaimana apa yang kita dapatkan, namun apabila diantara keluarga mereka gugur, rumah mereka hancur, masjid-masjid mereka roboh, hidup di tenda-tenda pengungsian dengan segala macam kekurangan dan beban derita yang tiada tara namun dibalik itu ada janji Allah, mudah-mudahan mereka termasuk yang mendapatkannya kelak, sebagai  mana firman Allah :
قُلْ هَلْ تَرَبَّصُونَ بِنَآ إِلآ إِحْدَى الْحُسْنَيَيْنِ وَنَحْنُ نَتَرَبَّصُ بِكُمْ أَن يُصِيبَكُمُ اللهُ بِعَذَابٍ مِّنْ عِندِهِ أَوْ بِأَيْدِينَا فَتَرَبَّصُوا إِنَّا مَعَكُم مُّتَرَبِّصُونَ {52}
Katakanlah:"Tidak ada yang kamu tunggu-tunggu bagi kami, kecuali salah satu dari dua kebaikan. Dan kami menunggu-nunggu bagi kamu bahwa Allah akan menimpakan kepadamu azab (yang besar) dari sisi-Nya, atau (azab) dengan tangan kami. Sebab itu tunggulah sesungguhnya kami menunggu-nunggu bersamamu". (QS. 9:52)
Saudara kita di sana menunggu dua kebaiakan seandainya mereka tidak dapat kebahagian Ied Fithri. Yaitu Ihda Husnayayain salah satu dari dua kebaikan yang ditafsirkan dengan "Kemenangan atau Mati Syahid".
Begitupula tafsir Sa'di, yang menyatakan maksud Ihda Husnayain adalah kemenangan terhadap musuh atau mati Syahid yang merupakan derajat tertinggi bagi seorang muslim.
خمسة أعياد : كل يوم يمر على المؤمن ولا يكتب عليه ذنب فهو يوم عيد , اليوم الذي يخرج فيه من الدنيا بالإيمان فهو يوم عيد , واليوم الذي يجاوز فيه الصراط ويأمن أهوال يوم القيامة فهو يوم عيد , واليوم الذي يدخل فيه الجنة فهو يوم عيد , واليوم الذي ينظر فيه إلى ربه فهو يوم عيد .
Berkata Al-Imam Anas bin Malik rahimahulloh:
"Bagi seorang mukmin ada 5 Ied.
1. Setiap hari dimana dia tidak membuat dosa itulah Iednya.
2. Hari dia meninggalkan dunia dengan keimanan itulah iednya.
3. Hari dimana dia berhasil melintasi Shiroth dan segala huru- haranya itulah iednya.
4. Hari dimana dia masuk surga, itulah iednya.
5. Hari dimana dia melihat Robbnya di jannah itulah iednya.
Allahumma Ya Allah, tolonglah saudara-saudara kami dimana saja yang lemah yang tertindas...mudahkan urusan-urusan mereka, berilah kemudahan kebahagian.
Ya Allah Ya Rabb Kami, dalam pengungsian dan kesusahan mereka, kuatkan lah hati dan labgkah mereka, lindungilah mereka dari musuh-musuh Mu,..hanya kepada Mu kami beribadah dan hanya kepada Mu kami mohon pertolongan.
Allahua'lam

Merah Mata Palembang
Abu Salman Abdurrahman Ayyub
WA.181310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.