MUTIARA NASIHAT #235
KESEMPATAN EMAS BAGI PELAKU DOSA

Bismillah
Siapa diantara kita yang tidak melakukan dosa? Siapa diantara kita yang tidak melakukan kesalahan? Jawabannya sudah pasti kita sepakat.....yaitu tidak ada satupun diantara kita yang lolos dari dosa dan kesalahan.
Bahkan diantara kita ada yang pakar berbuat dosa.
Itulah kita dan kenyataannya, sebagai mana dinyatakan oleh Nabi Muhammad shalallah 'alaihi wasallam.
 عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : " كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ " .
 حسن الألباني صحيح الترغيب 3139 
 صحيح الجامع 4515 
 مشكاة المصابيح 2341 
“Setiap anak Adam melakukan kesalahan dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah mereka yang bertaubat.”
(HR at-Tirmidzi , Ibnu Majah, Ahmad, ad-Darimi. Dihasankan oleh Syaikh al-Albâni.)
Taubat setiap kita melakukan kesalahan, kapan saja, setiap saat. Namun ada waktu-waktu yang lebih spesial dan khusus, diantaranya waktu Lailatul Qodar. Sebagaimana hadist mulia di bawah ini:
 عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ  قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى
Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah ,hasan shahih.).
Mudah-mudahan taqdir baik dari Allah Ta'ala jatuh pada kita, sehingga Lailatul Qodar yang penuh berkah yang dicari dan dinanti-nanti dapat kita jadikan untuk wasilah taqarrub pada Allah. Sekaligus kita merengek, mengiba, memohon, pada Allah Ta'ala Yang Maha Penyayang dan Maha Pengampun, Maha Pemaaf....untuk mengampuni dosa-dosa kita dan memaafkan kesalahan-kesalahan kita....aamiin Ya Rabbal'alamiin.
Allahua'alam
Semarang

Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.