MUTIARA NASIHAT #215
SEMOGA PUASA DAN ALQURAN MENJADI WASILAH SYAFAAT BAGI KITA



Bismillah
Kita hamba yang lemah yang penuh dosa dan kelalian, serta kesilafan yang banyak sudah sewajarnya mencari syafaat, dari cara apa yang telah disediakan Allah Ta'ala.
 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَقُولُ الصِّيَامُ أَيْ رَبِّ مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتِ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِي فِيهِ وَيَقُولُ الْقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيهِ قَالَ فَيُشَفَّعَانِ
Dari ‘Abdullaah bin ‘Amr, bahwasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba di hari kiamat, puasa berkata, “Wahai Rabb, aku telah mencegahnya dari makanan dan nafsu syahwat di siang hari, maka izinkan aku memberi syafa’at padanya,” dan Al-Qur’an berkata, “Aku telah mencegahnya dari tidur di malam hari, maka izinkan aku memberi syafa’at padanya.” Rasulullah melanjutkan, “Maka keduanya diizinkan memberi syafa’at.”
(Musnad Ahmad – Syaikh Al-Albaaniy menghasankannya dalam Shahiih At-Targhiib no. 984)

Berkata Syaikh bin Bazz rahimahullah  dalam menyarah ini,  hadits ini, "Puasa dan al Quran dua hal yang akan memberi syafaat, al Quran akan memberi syafaat bagi orang yang membaca dan mengamalkannya. Sebagaimana Rasulullah shalallah 'alaihi wasallam bersabada:
 والقرآن حجة لك أو عليك
Artinya:  " Al quran hujjah bagi kamu dan juga hujjah keatasmu".
Alquran akan memberi syafaat pada siapa saja yang yang mengamalkannya dan istiqomah dalam mengamalkannya,niscaya akan dimasukkan ke surga dan dijauhkan dari api neraka.
Begitu juga puasa, barang siapa yang malaksanakannya maka dia akan menjadi syafaat bagi orang itu.
Maka seyogyanya seorang mu'min ketiaka dia sedang.berpuasa, puasa juga dalam menahan perbuatan sia-sia dan perkataan kotor. Sebagaimana yang diingatkan oleh Rasululloh shalallah 'alaihi wasallam:
 الصيام جنة فإذا كان يوم صوم أحدكم فلا يرفث ولا يفسق، فإن سابّه أحد أو قاتله فليقل إني صائم. ويقول الرب جل وعلا: كل عمل ابن آدم له، الحسنة بشعر أمثالها إلا الصيام فإنه لي وأنا أجزي به، ترك شهوته وطعامه وشرابه من أجلي، للصائم فرحتان، فرحة عند فطره وفرحة عند لقاء ربه،
Yang maknanya: Puasa itu adalah perisai, kalau salah satu diantara kamu sedang berpuasa jangan berbuat buruk dan mengumpat. Apabila salah seorang mencela kamu maka katakanlah "aku sedang puasa". Allah Azza wa jalla
Setiap amalan manusia untuknya akan dibalas 10 kali lipat sampai 700 kali lipat, kecuali puasa  sesungguhnya puasa adalah untukKu dan Akulah yang akan membalasnya, karena ia telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, kegembiraan ketika ia berbuka puasa dan kegembiraan ketika ia berjumpa dengan Rabbnya.
Maka berhak seiapa saja yang memenuhi syarat puasa di atas, dan juga membaca dan mempelajari serta mengamalkan, menghalalkan yang halal, dan mengharamkan yang haram.
Mudah-mudahan kita termasuk yang dipilih Allah Ta'ala untuk menadapatkan syafat-Nya.
Aamiin Ya Rabbal'alamiin
Pondok Aren
Abdurrahman Ayyub
WA 081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.