MUTIARA NASIHAT #205
BEKAL PALING PENTING DALAM BEPERGIAN


Bismillah
Hampir setiap kita mengalami bepergian atau safar atau travel. Baik dalam tugas kerja, kunjungan keluarga atau pulang kampung dan lainnya.
Tentu kita akan sibuk memperiapkan bekal atau apa saja yang penting untuk kelancaran perjalanan kita dan tibanya di sana.
Ada bekal bagi seorang muslim, mu'min yang mesti dia bawa kemana-mana, bahkan sudah sepatutnya tidak dia lepas walau keadaan bagaimanapun.
Hadits yang mulia di bawah ini mengingatkan kita akan hal itu:
عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ "
 [رواه الترمذي وقال حديث حسن وفي بعض النسخ حسن صحيح]
Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah shalallah 'alaihi wasallam beliau bersabda: Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “
(Riwayat Turmuzi, dia berkata haditsnya hasan, pada sebagian cetakan dikatakan hasan shahih).
Subbanallah,  maha suci Allah yang telah mengutus Rasul-Nya shalallah 'alaihi wasallam. Begitu singkat dan padat ucapan Beliau agar kita selalu membawa taqwa kemana saja.
Dan sekaligus taubat dengan berbuat baik untuk menghapus, perbuatan buruk yang lalu.
Jangan sampai kita melestarikan keburukan hingga akhir hayat kita.
Dan bukan itu saja, orang yang biasa berbuat baik dengan manusia, maka kemana-mana akan banyak kawannya dan sedikit musuhnya.
Hadist ini walau bukan khusus untuk orang yang ingin berpegian saja, namun sangat tepat kalau kita jadikan petunjuk dan pedoman terutama ketika ingin safar.
Allahumma Ya Allah, jadikan kami hanba yang bertaqwa dan selalu dalam bimbinganMu.
Aamiiin Ya Rabbal'alamiin
Allahu'alam.
Bandung
Abdurrahman Ayyub
WA.081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.