MUTIARA NASIHAT #194
HARTA DAN ILMU

Bismillah
Pernah mendengar kisah nyata tentang orang yang menjadi kaya mendadak? Kalau setiap kita bercerita mungkin akan penuh kisah-kisah nyata tersebut, baik dari zaman dahulu hingga sekarang.
Contoh belum lama ini seorang pemuda dalam satu malam berubah menjadi orang kaya dgn menerima warisan Rp 14,7 triliun. http://m.liputan6.com/bisnis/read/2126367/dalam-semalam-mahasiswa-miskin-ini-jadi-kaya-mendadak .
Kisah tukang sapu di Mekkah,  yang menjadi milyuner.
Tentu masih banyak lagi kisah-kisah yang menggambarkan bahwa harta bisa diraih seseorang dalam semalam atau dalam sekejap dapat merubah keadaan dari miskin menjadi kaya raya.
Namun tidak demikian dengan ilmu, pernahkah kita dengar kisah seorang dalam semalam dia berubah menjadi ulama?.
Atau dalam beberapa jam atau menit seorang jadi mufti atau ulama yang menguasai berbagai disiplin ilmu.
Seorang bayi terlahir bisa langsung jadi milyuner, jika orang tuanya yang kaya atau milyuner mati, dan sibayi adalah pewaris tunggal.

Namun tidak ada kisahnya seorang bayi disebut ulama atau alim walaupun bapaknya orang alim atau ulama besar jika dia meninggal, anaknya tetap bayi yang tidak tahu apa-apa.
Marilah kita mencari keduanya harta maupun ilmu, terutama ilmu yg bermanfaat untuk kehidupan akhirat kita. Harta kita cari, dan ingat dapat dan tidaknya terserah Allah dan kita yakin jika Allah berkehndak kita bisa kaya mendadak.
Kita cari semaksimal mungkin ilmu yang banfaat dan bersungguh-sungguh, sebab kita tidak bisa menjadi ulama atau mufti dalam semalam atau beberapa menit.
Maka belajar-belajar dan belajar hingga akhir hayat kita.
يرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberiilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)
Bandara Soeta
2Rajab1436H/21-4-15M
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.