MUTIARA NASIHAT #186
PETARUNG SEJATI

Bismillah
Berapa banyak seorang dapat mengalahkan lawannya dengan ilmu bela dirinya baik gulat, silat, karate dan lainnya.
Tapi tidak mungkin seorang petarung akan bertarung setiap saat dan selalu menang.
Oleh sebab itu kekutan bukan diukur dari hal seperti itu, sebagai mana dalam sebuah hadits yang shahih, Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ »
“Bukanlah orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya dalam) pergulatan (perkelahian), tetapi tidak lain orang kuat (yang sebenarnya) adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah.” (HS al-Bukhari  dan Muslim)
Maka lebih parah lagi seorang laki-laki yang hanya berani mengalahkan istrinya dengan kekutan fisiknya, yaitu dengan mencambuknya memukulnya menendangnya, menamparnya dan lainnya.
Rasul shalallah 'alaihi wssalam yang mulia juga brpesan:
“Janganlah salah seorang dari kalian mencambuk istrinya seperti mencambuk seorang budak, kemudian ternyata di akhir hari ia menggauli istrinya.” (HR. Al-Bukhari  dan Muslim )
Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata: “Dalam hadits ini ada larangan memukul istri tanpa alasan terpaksa dalam rangka mendidik.” (Al-Minhaj, 17/186)
“Janganlah engkau memukul wajah (istrimu), jangan menjelekkannya, dan jangan memboikot (mendiamkan)-nya kecuali di dalam rumah.” (HR. Abu Dawud no. 2142 dan selainnya, dishahihkan Asy-Syaikh Muqbil dalam Al-Jami’ush Shahih, 3/86)
Dalam hadits-hadits di atas kita dapat mengambil pelajaran yaitu seorang dikatakan lemah atau bukan orang yang kuat walau dapat mengalahkan orang lain atau lawannya tapi tidak dapat melawan nafsu amarahnya, apalagi jika kekuatannya dilampiaskan pada kaum yang lemah seperti istrinya.
Jadilah petarung sejati dengan mengendalikan diri ketika marah. Hal ini memang berat dan perlu latihan serta sungguh-sungguh juga memohon pada Allah Ta'ala, agar Dia Allah selalu membimbing dan memudahkan kita untuk mengalahkan bisikan jahat nafsu dan bisikan setan.
Allahumma tolonglah kami dalam menjalani kehidupan ini.
Aamiin Ya Rabbal'alamiin.
Allahua'lam
Pondok Aren
20jumadalAkhiroh1436H/9-4-15M
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.