MUTIARA NASIHAT #150
MENJUAL DIRI

Bismillah
Kalau kita dengar atau kita ucapkan kata ini mungkin sebagaian kita ada yang beranggapan negatif "Menjual Diri".
Kita tidak akan membahas konotasi yang negatif, atau yang kearah tidak senonoh atau keadaan sebagian manusia yang menjual diri dalam arti melampiaskan kehormatannya dengan cara yang haram baik kaum wanita juga kaum pria.
Siapapun kita tidak lepas dari menjual diri, sejak pagi masing-masing kita menjual
عَنْ أَبِيْ مَالِكْ الْحَارِثِي ابْنِ عَاصِمْ اْلأَشْعَرِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : .... . كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَباَئِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوْبِقُهَا          [رواه مسلم]
Dari Abu Malik Al Haritsy bin ‘Ashim Al ‘Asy’ary radhiallahuanhu dia berkata: Rasulullah  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم bersabda: ..... Semua manusia berangkat pagi, menjual dirinya, ada yang membebaskan dirinya (dari kehinaan dan azab) ada juga yang menghancurkan dirinya. (Riwayat Muslim).
Syaikh Sholih Abdu'Aziz Aalu Syaikh menyatakan yang dimaksud dengan sabda Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم "Semua manusia berangkat pagi, menjual dirinya dengan membebaskan dirinya, ada juga yang menghancurkan dirinya.
Yang dimaksud membebaskan dirinya yaitu menjual dirinya pada Allah 'azza wa jalla tanpa mencapurkan dengan hawa nafsunya, tidak mengabdi pada syetan. Bahkan dia jadikan dirinya untuk apa yang dicintai Allah dan yang diridhoi Allah, itulah hakikat membebaskan diri pada hari itu.
Adapun mereka yang membinasakan dirinya ialah orang yang pagi-pagi berangkat dengan apa yang tidak diridhoi Allah, maka jadilah dia orang yg merugi (Syrah 'Arbain Nawawiyah Syaikh Sholih Abdul 'Azizi Aalu Syaikh hal 336)
Terpulang kepada kita mau pilih apa? Mau jual diri yang untung pada Allah, atau mau jual diri yang rugi???
Allahumma tunjukilah kami jalan yang lurus.
Allahua'lam
Pondok Indah
16Robi'Akhir 1436H/5-2-2015M
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.