MUTIARA NASIHAT #149
UNGKAPAN KATA CINTA

Bismillah
Subhanallah, salah satu yang diatur syariat Islam yang mulia adalah sunnahnya mengucapkan atau mengungkapkan isi hati kita satu dengan yang lainnya sebagaimana
Ucapan Nabi shalallah 'alaihi wasalam "أحبك في الله" yang artinya: "Aku cinta kepadamu karena Allah".
Bahakan disunnahkan bagi orang yang dituju membalas dengan mengucapkan " أحبك الله الذي أحببتني لأجله"
Yang artinya "Semoga Allah mencintaimu sebagimana kamu mencintaiku karenaNya".
1436 tahun yang lalu, Islam telah menebarkan ucapan cinta satu dengan yang lainnya.
Tapi kecintaan bukan sekedar perasaan, apalagi cinta bukan karena harta, atau karena perkara dunia, kecintaan bukan karena hawa nafsu.
Kecintaan yang harus ada adalah karena Allah semata. Karena cinta karena Allah ini merupakan kekuatan tiada tara yang tidak mengenal warna kulit. Nabi dan para sahabat mencintai Bilal bin Rabah budak yang hitam, bahkan Abu Bakar rodhiallah'anhu membuktikan kecintaannya dengan Bilal  dengan memerdekakannya.
Cinta karena Allah, pondasi yang kuat untuk membangun rumah tangga.
Cinta karena Allah, ikatan yang kuat dalam persahabatan.
Cinta karena Allah, meredam segala perbedaan, baik warna kulit, status sosial dll.
diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Dawud dari sahabat Anas bin Malik, beliau berkata:
أن رجلاً كان عند النبي صلى الله عليه وسلم فمر به رجل فقال: يا رسول الله إني لأحب هذا، فقال له النبي صلى الله عليه وسلم: أعلمته؟ قال: لا، قال: أعلمه، قال: فلحقه فقال: إني أحبك في الله، فقال: أحبك الذي أحببتني له
Bahwasanya ada seorang sahabat yang sedang berada di sisi Nabishāllallahu ‘alaihi wa alihi wasallam, kemudian seseorang lewat di hadapan mereka. Lantas sahabat ini mengatakan: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku benar-benar mencintai orang ini”. Maka Nabishallallahu ‘alaihi wasallam pun berkata kepadanya: “Apakah engkau telah memberitahukan rasa cintamu kepadanya?” Ia berkata: “Belum.” Beliau berkata: “Jika demikian, pergilah dan beritahukan kepadanya”. Maka ia langsung menemui orang itu dan mengatakan “Inni uhibbuka fillah” (sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah), lalu orang tersebut menjawab: “Ahabbakalladzi ahbabtani lahu” (Semoga Allah mencintaimu, Dzat yang telah menjadikanmu mencintai aku karena-Nya).
Hadist ini diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnad-nya dan Abu Dawud dalam Sunan-nya. Hadist ini juga diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam. Dalam riwayat Ath-Thabrani terdapat tambahan: “kemudian sahabat ini kembali menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan menceritakan jawaban orang tersebut kepada beliau. Mendengar cerita sahabat ini Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda: “engkau akan bersama dengan orang yang kau cintai dan untukmu pahala atas apa yang kau harapkan dari rasa cintamu itu”. Hadist ini dinilai shahih oleh Al-Hakim dan Ibnu Hibban dan disetujui oleh Adz-Dzahabi dalam Al-Mustadrak (189/4).
Dalam riwyat lain Nabi shalallah 'alaihi wasalam bersabda:
 إذا أحب أحدكم أخاه في الله فليعلمه ، فإنه أبقى في الألفة ، وأثبت في المودة   (حسن ) صحيح الجامع280
Apabila salah seorang dari kamu mencintai saudaranya karena Allah hendaklah ia memberitahu kepadanya, karena hal itu dapat melanggengkan kasih sayang dan memperkuat rasa cinta.”
Jadi bukan hari Valentine, seorang mengucapkan kecintaannya setahun sekali dan hal demikian bukan dari Islam. Dan hendaklah kaum muslimin menjauhi menyerupai orang kafir, dan salah satu bentuk penyerupaan atau meniru dengan orang kafir adalah mengucapkan rasa cinta pada hari valentine .
Nabi shalallah 'alaihi wasalam melarang kita dalam hal ini :
فقد ورد حديث : " من تشبه بقوم فهو منهم " عن ابن عمر ، وحذيفة ، وأنس ، مرفوعاً ، وعن الحسن مرسلاً ، وعن عمر موقوفاً .
"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum maka, akan disamakan dengan kaum yang diserupainya.” Hadist sahih rwt Abu Daud, Ahmad dllnya.
Para ulama menjadikan dalil ini untuk mengharamkan valentine day.
Maka ucapkanlah dan nyatakanlah kecintaan suami istri, orang tua dan anak atau sebaliknya, teman sesama jenis artinya ikhwan mengucapkan dengan ikhwan akhwat dengan akhwat karna persahabatan, karena Allah semata.
Bukan karena VALENTINE DAY !!!.
Ya Allah tunjukilah kami jalan yang lurus.
Allahua'lam
Pondok Indah
15Robi'Akhir 1436H/4-2-2015M
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.