MUTIARA NASIHAT #144
MENGEJAR HUSNUL KHOTIMAH DITENGAH KEHIDUPAN DUNIA.

Bismillah
Mungkin kita seorang pekerja kantor, pelaku bisnis, atau wiraswasta, atau pedagang besar, pedagang kaki lima, pedagang asongan, pemulung, atau ibu rumah tangga dengan anak banyak, sibuk masak dll, atau seorang pengajar, pelajar dan sebagaianya, sesibuk apapun kita maka sempatkanlah dengan amalan yang kalau kita amalkan mudah-mudahan mendapat rizki husnul khotimah. Sebagaimana hadits mulia di bawah ini:
عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَيِّدُ الْاِسْتِغْفارِ أَنْ يَقُوْلَ الْعَبْدُ:
 اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْت
َ مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوْقِنًا بِهَا ، فَمَـاتَ مِنْ يوْمِهِ قَبْل أَنْ يُمْسِيَ ، فَهُو مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوْقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ .
Dari Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , "Sesungguhnya Istighfâr yang paling baik adalah seseorang hamba mengucapkan:
ALLAHUMMA ANTA RABBII LÂ ILÂHA ILLÂ ANTA KHALAQTANII WA ANA 'ABDUKA WA ANA 'ALA 'AHDIKA WA WA'DIKA MASTATHA'TU A'ÛDZU BIKA MIN SYARRI MÂ SHANA'TU ABÛ`U LAKA BINI'MATIKA 'ALAYYA WA ABÛ`U BIDZANBII FAGHFIRLÎ FA INNAHU LÂ YAGHFIRU ADZ DZUNÛBA ILLÂ ANTA
(Ya Allâh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau).
“Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga".
Hadits ini shahih Imam al-Bukhari, Imam Nasai', Imam ath-Thabarani, al-Hâkim, Imam Ahmad, Imam al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah  dan lainnya dari Shahabat Syaddad bin Aus Radhiyallahu anhu
Amalan yang singkat, bisa kita baca dalam kemacetan, dalam sela-sela kerja, waktu-waktu senggang, atau dirumah sejenak setelah penat kerja atau kesibukan dunia. Doa yang tidak memakan waktu lama hanya semenit kurang.
Tapi ingat saba Nabi shalallah 'alaihi wasalam dalam hadits tadi kalimatnya "Dengan penuh keyakinan"
Mudah-mudahan kita termasuk orang yang yakin dan mau mengamalkan hadits tersebut sehingga suatu saat menghadap Allah dengan zaminan surgaNya.
Allahumma Ya Allah mudahkan kami mengamalkan apa-apa yang baik untuk kami dunia dan akhirat.
Allahua'lam
Pondok Aren
10Robi'Akhir 1436H/30-1-2015M
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.