MUTIARA NASIHAT #140
SIAPA YANG MAMPU I'TIKAF SEBULAN DI MASJID NABAWAI?

Bismillah
Kalu kita harus tinggal sebulan di Masjid Nabawi, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Untuk tiket pulang pergi? untuk hidup selama di sana? Dan bukan itu saja kalau dia kepala keluarga berapa harta yang harus dibekali untuk keluarga yang ditingglkan? Dan seandainya dia seorang pebisnis yang setiap harinya menghasilkan uang berapa yang harus dikorbankan kalau sebulan? dan lain-lainnya yang hampir-hampir setiap kita berat sekali untuk melakukannya kecuali hamba Allah yang diberi kemudahan Allah Ta'ala.
Tapi jangan kecil hati, hal yang berat itu bisa diganti dengan yang lebih ringan tanpa harus mengeluarkan biaya atau pengorbanan yang begitu banyak. Mari kita simak hadits mulia di bawah ini.
(حديث مرفوع) حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيٍّ ، ثَنَا السَّرِيُّ بْنُ مِهْرَانَ ، ثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ قَيْسٍ ، ثَنَا سُكَيْنُ بْنُ أَبِي سِرَاجٍ ، ثَنَا عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ ، عَنِابْنِ عُمَرَ ، أَنَّ رَجُلا جَاءَ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَيُّ النَّاسِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ ؟ وَأَيُّ الأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ ، وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ ، أَوْ تَكْشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً ، أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا ، أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا ، وَلأَنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخٍ لِي فِي حَاجَةٍ ، أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا ، وَمَنْ كَفَّ غَضَبَهُ سَتَرَ اللَّهُ عَوْرَتَهُ ، وَمَنْ كَتَمَ غَيْظَهُ ، وَلَوْ شَاءَ أَنْ يُمْضِيَهُ أَمْضَاهُ ، مَلأَ اللَّهُ قَلْبَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ رِضًا ، وَمَنْ مَشَى مَعَ أَخِيهِ فِي حَاجَةٍ حَتَّى يُثْبِتَهَا ، أَثْبَتَ اللَّهُ قَدَمَيْهِ يَوْمَ تَزُولُ الأَقْدَامُ "
Nabi shallallahu ‘Alaihi wa sallam: “Orang yang paling dicintai oleh Alloh ‘Azza wa jalla adalah yang paling banyak memberi manfaat kepada orang lain. Amalan yang paling dicintai oleh Alloh adalah kesenangan yang diberikan kepada sesama muslim, menghilangkan kesusahannya, membayarkan hutangnya, atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh, aku berjalan bersama salah seorang saudaraku untuk menunaikan keperluannya lebih aku sukai daripada beri’tikaf di masjid ini (Masjid Nabawi) sebulan lamanya. Barangsiapa berjalan bersama salah seorang saudaranya dalam rangka memenuhi kebutuhannya sampai selesai, maka Alloh akan meneguhkan tapak kakinya pada hari ketika semua tapak kaki tergelincir. Sesungguhnya akhlak yang buruk akan merusak amal sebagaimana cuka yang merusak madu.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abid-Dunya dengan sanad hasan)
Selamat menjalankan kiat-kiat dari Nabi shalallah 'alaihi wasalam. Tidak perlu cari travel, tidak perlu cari tiket pp, tidak perlu biaya banyak dll.
Ternyata dari kesusahan saudara kita jika dia memerlukan bantuan kita, baik untuk menyenangkannya atau memberi sedikit kebahagiaan.
Atau membayar hutangnya, memberi makan, atau menemaninya untuk mencukupi keperluannya. Banyak perkara yang kita dapatinya jika ikhlash dan benar  diantara keutamaannya adalah:
1. Seperti i'tikaf sebulan di masjid Nabawi.
2. Dimantabkan kakinya dalam menyebrangi shiroth, agar tidak terpleset atau jatuh  ke Neraka.
SELAMAT MECOBA, SEMOGA DIBERI KEMUDAHAN OLEH ALLAH
Aamiin Yaa Rabbal'alamiin.
Allahua'lam.
Pondok Aren
6Robi'Akhir 1436H/26-1-2015M
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.