MUTIARA NASIHAT #137
YANG ANEH YANG SELAMAT YANG ANEH YANG SESAT


Bismillah

Keanehan atau suatu yang asing bisa muncul ditengah-tengah masyarakat yang sebelumnya tidak mengetahui tentang hal itu. Contohnya ajaran Tauhid di masyarkat Jahiliyah saat Nabi shalallah'alaihi wasalam diutus, adalah suatu yang aneh bagi masyarakat saat itu yang telah lama mempunyai sesembahan di Ka'bah sekitar 360 berhala . Hal ini dijelaskan dalam quran tentang keheranan kaum kafir quraisy dengan ajaran tauhid.
أَجَعَلَ الْآَلِهَةَ إِلَهًا وَاحِدًا إِنَّ هَذَا لَشَيْءٌ عُجَابٌ
Apakah Muhammad hendak menjadikan tuhan yang beraneka ragam itu menjadi satu tuhan saja. Sungguh ini ajakan yang sangat aneh. (QS. Shad: 5)
Tahuid menjadi aneh ketika masyarakat penuh dengan perkara kemusyrikan. Dan hal ini dipertegas dalam hadits Nabi shalallah 'alaihi wasalam.
بَدَأَ الْإِسْلَامُ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ كَمَا بَدَأَ غَرِيبًا فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ
"Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasing." (HR.Muslim, 208)
Aneh dan Asing merupakan sifat risalah akhir zaman. Ketika kemusyrikan, bid'ah, kemaksiatan meraja lela maka ajaran Tauhid, sunnah ketaatan menjadi aneh dan asing. BERUNTUNGLAH MEREKA YANG ANEH DAN ASING, karena Tahuid, Sunnah dan Taat.

Namun tidak semua yang aneh dan asing itu membawa keselamatan, sebab ada juga fenomena yang kita lihat ditengah-tengah masyarakat suatu yang aneh yang asing yang bukan berdasarkan Quràn dan Sunnah dan kefahaman sahabat radhiallah 'anhum.

Antara lain keanehan kelompok ANEH DAN SESAT seperti:
SYI'AH ROFIDHOH yang mengkafirkan para sahabat, istri-istri Nabi, dan menghalalkan darah pengikut sunnah dll.
KHAWARIJ yang mengkafirkan para pelaku dosa dari kalangan kaum muslimin, menentang pemerintah kaum muslimin, bahkan jihad melawan pemerintahan yang sah dll.
MURJI'AH  yang mengeluarkan amal dari unsur iman, sehingga cukup syahadat tanpa shalat, puasa , zakat dll.
MU'TAZILAH yang mendewakan aqal dari pada Nash Quran dan Sunnah, mereka menyatakan Quran adalah makhkuk, memasukan filsafat kedalam islam dll.
QODARIYAH yang menolak taqdir bahwa manusia baik dan buruknya bergantung dengan usahanya tidak atau bukan kehendak Allah.
JABARIYAH yang meyakini bahwa manusia tidak sama sekali bisa berusaha apa-apa semua hanya ikut takdir semata neraka dan surganya. Jadi manusia adalah mujbiroh makhluk yang dipaksa.
Kalangan SHUFI  wihdatul wujud, yang meyakini Dzat Allah menyatu dengan dzat makhluknya, maka Allah ada di badan manusia di hewan dan dimana-mana.
Kalangan SHUFI yang menciptakan bentuk dan lafadz2 dzikir yang aneh dan tidak dikenal zaman Nabi dan para Sahabat serta imam yang empat. Ada dzikir dengan musik, gerakan tertentu, lafadz-lafadz tertentu dll. Masih banyak lagi keanehan-keanehan yang tidak mungkin kita bahas semuanya.
Namun secara umum kita bisa mendeteksinya apakah seuatu yang aneh asing itu benar atau aneh dan asing itu sesat yaitu dengan timbangan ilmiyah :
QURAN SUNAH DAN KEFAHAMAN SAHABAT.
Maka jadilah orang yang aneh dan asing dengan berpegang Tiga hal tersebuat maka kita akan selamat.
Allahumma Ya Allah tampakkan pada kami Yang Haq itu Haq mudahkan kami mengikutinya dan tampakkan pada kami yang batil itu batil jauhkan kami dari mengikutinya.
Wallahu"alam.
Pondok Aren
2 Robi'ustaani 1436H/22-1-2015M
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169
www.yusna.com

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.