MUTIARA NASIHAT #135
BALAS JASA DAN BERSYUKUR


Bismillah

Seorang mungkin mampu membayar hutangnya sebanyak apapun dia berhutang. Namun tidak semua orang mampu untuk membalas jasa, terutama jasa  orang tua kepada kita atau jasa abang kita kakak kita yang lebih tua atau siapa saja yang pernah berjasa pada kita termasuk guru-guru kita sejak kecil hingga saat ini. Atau juga jasa teman-teman kita selama kita bergaul dengannya.
Agama kita menganjurkan untuk bersyukur kepada mereka setelah syukur kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala sebagaimana yang shahih dari sunnah dari Hadits Abu Hurairoh -rahdiyaAllohu ‘anhu- dan datang dari yang lainnya.
Dan yang paling shahih pada bab ini adalah hadits Abu Hurairoh, berkata Rosulullah shallallahu ‘alayhi wasallam
لا يشكر الله من لا يشكر الناس
“Tidak bersyukur Kepada Allah orang yang tidak bersyukur kepada Manusia”. (Hadits riwayat Abu Daud dan di shahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan Abu Dawud (4811).

Hal ini jangan pernah kita remehkan terutama jasa kedua orang tua kita, begitu juga jasa yang lainnya kepada kita. Sebab Allah mengingatkan pada kita dalam firmanNya:

وَقَلِيلٌ مِنْ عِبَادِيَ الشَّكُورُ
“Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang bersyukur (berterima kasih)”. (Qs. Saba’:13)
Maka jadilah orang yang pandai bersyukur pada Allah dan kepada manusia walau jumlah mereka minoritas, jangan kita kecil hati dengan yang sedikit ini, dan mudah-mudahan kita termasuk di dalamnya termasuk mereka yang pandai bersyukur dan berterima kasih pada Allah subhana wata'ala dan kepada manusia. Bersyukur dengan lisan hati dan perbuatan
Dan di dalam kitab shohih Bukhari ada doa yang Nabi shalallah 'alaihi wasalam ajarkan kepada shahabat yaitu :
اَللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ، وَشُكْرِكَ، وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ .
“Ya Allah! Berilah pertolongan kepadaku untuk menyebut namaMu, syukur kepadaMu dan ibadah yang baik untukMu.”
Maka melalui tulisan ini saya mengharap kepada Allah Ta'ala  agar kedua orang tua yang telah tiada diberikan pahala yang berlipat ganda dan ampunan juga kepada keluarga semua baik yang lebih tua ataupun yang lebih muda, kepada guru-guruku, kepada siapa saja yang telah berjasa kepadaku teman dekat, teman jauh kenalan selama ini, tetangga kaum muslimin siapa saja yang pernah membantu sekecil apapun maka saya ucapkan jazaakumullah khairon, semoga Allah membalas kebaikan pada kamu semua.
Wa baarakallah fiikum semoga Allah memberkahi kamu semua.Aamiin Ya Rabbal'alamiin.
Wallahu'alam
Pondok Aren
29Rabi'ulAwal 1436H/20-1-2015
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169
www.yusna.com

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.