MUTIARA NASIHAT #134
DOSA DAN DOA

Bismillah

Menghilangkan huruf S pada kata Dosa akan menjadi suatu ibadah yang mulia yaitu Doa.
Sebagaimana hadits dibawah ini:
اَلدُّعَاءُ هُوَ اْلعِبَادَةُ.
"Doa itu adalah ibadah
( Hadits Hasan Riwayat Abu Daud)
Tapi menghapus dosa tidak semudah menghapus huruf S pada kata dosa.
Padahal setiap kita tidak lepas dari perkara dosa sebagaimana hadits dibawah ini:
كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُوْنَ.
"Setiap anak Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah yang bertaubat" ( HR Ahmad, At Tirmidzi, Ibnu Majah,dan Al Hakim Lihat Shahih Jami’ush Shaghir (no. 4515), dari sahabat Anas )
Bahkan diantara manusia ada yang pakar dalam membuat dosa. Namun siapapun kita sejauh mana kepakaran kita dalam dosa pintu-pintu taubat selalu terbuka sebagaimana Allah nyatakan dalam Quran :
وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ
"Dan orang-orang yang apabila mengejakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat kepada Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui". [Ali ‘Imran : 135].

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (٥٣)

Katakanlah"Wahai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Azzumar:53)

Marilah walau langka kita tertatih-tatih,  walau kita harus merangkak, walau sekitaran kita terus menarik agar kita tetap dalam kubangan dosa, walau dosa itu manis dan indah, teruslah kita melangkah... menghampiri pintu taubat yang selalu terbuka untuk kita......
Sebelum....... datanga penghalang-penghalang taubat seperti sakratul maut, terbitnya matahari dari barat yaitu qiamat.
إِنَّ اللهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ.
"Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba, selama (ruh) belum sampai di tenggorokan".
"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala selalu membuka tanganNya di waktu malam untuk menerima taubat orang yang melakukan kesalahan di siang hari, dan Allah membuka tanganNya pada siang hari untuk menerima taubat orang yang melakukan kesalahan di malam hari. Begitulah, hingga matahari terbit dari barat". HR Muslim (no. 2759).
Marilah kita mencoba semaksimal mungkin untuk berusaha menghapaus dosa dengan doa, istighfar, dan beramal soleh untuk menghapusnya sekuat tenaga kita selama hayat masih dikandung badan selama matahari masih terbit dari timur.......
"Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) kecuali Engkau, Engkau-lah yang menciptakanku. Aku adalah hambaMu. Aku akan setia pada perjanjianku denganMu semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari kejelekan (apa) yang telah kuperbuat. Aku mengakui nikmatMu (yang diberikan) kepadaku, dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau"
HR Al Bukhari, Ahmad, An Nasa-i
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
"Ya Rabb kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi". [Al A’raf : 23].
Aamiin yaa Rabbal'alamiin
Wallahu'alam.
Pondok Aren
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
28Rabi'ulAwal 1436H/19-1-2015
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169
www.yusna.com

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.