MUTIARA NASIHAT #123
JADI ORANG YANG ISTIRAHAT ATAU SEBALIKNYA?


Bismillah

Kematian adalah suatu yang pasti, yang tidak kenal siapa kita, muda ataupun tua, sakit ataupun sehat, siap atau tidak siap.
Namun ketika seorang meninggal dunia maka dia termasuk yang mana dari dua bentuk manusia yang Nabi shalallah 'alaihi wasalam sebutkan dalam hadits ini:
صحيح مسلم - 2569
(950)  عَنْ أَبِي قَتَادَةَ بْنِ رِبْعِيٍّ، أَنَّهُ كَانَ يُحَدِّثُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرَّ عَلَيْهِ بِجَنَازَةٍ، فَقَالَ: «§مُسْتَرِيحٌ وَمُسْتَرَاحٌ مِنْهُ»، قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا الْمُسْتَرِيحُ وَالْمُسْتَرَاحُ مِنْهُ؟ فَقَالَ: «الْعَبْدُ الْمُؤْمِنُ يَسْتَرِيحُ مِنْ نَصَبِ الدُّنْيَا، وَالْعَبْدُ الْفَاجِرُ يَسْتَرِيحُ مِنْهُ الْعِبَادُ، وَالْبِلَادُ، وَالشَّجَرُ، وَالدَّوَابُّ»
Dari Abi Qotadah bin Ribi'i rodiallah'anhu dia bercerita bahwa suatu hari lewat jenazah didepan Beliau lalu Rasulullah shalallah 'alaihi wasalam bersabda "Dia istirahat dan yang lain istirahat darinya". Bertanya para sahabat: "Ya Rasulallah apa yang dimaksud dengan :  "Dia istirahat dan yang lain istirahat darinya".   Beliau bersabda: "Apabila seorang mukmin meninggal dunia, maka dia telah senang (istirahat) dari kesusahan dunia. Dan jika seorang jahat yang meninggal, maka dia menyenangkan seluruh hamba Allah, Seluruh negeri, seluruh pohon-pohon, dan binatang dari kejahatannya." (HR Muslim)

Subhanallah betapa luasnya sabda Nabi shalallah'alaihi wasalam. Dan sejauh mana persiapan kita? Dan apakah kita termasuk yang istirahat nantinya? Atau sebaliknya jangan sampai kematian kita justru menyenangkan seluruh hamba Allah, menyenangkan seluruh negeri, menyenangkan seluruh pohon-pohon, bahkan binatang ikut senang dengan kematian kita fal'itadzubillah

Kita berlindung pada Allah dari jenis manusia yang kematiannya menyenangkan makhluk lain.
Dan selalu memohon agar Allah memanjangkan umur kita dalam keberkahan dan agar dapat menebus dosa-dosa yang lalu, dan mengumpulkan amal sholeh sebanyak-banyaknya.
Wallahu'alam.
Pondok Aren
15Rabi'ulAwal 1436H/6-1-2015
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.