MUTIARA NASIHAT #120
MENGAPA TIDAK DIBUAT MALAM TAHUN BARU LAINNYA?


Bismillah

Semalam yaitu malam tahun baru 1 Januari yg kita sudah posting dari A sampai Z, dan manusia dengan segala aktivitasnya terkonsentrasi dalam kemeriahannya bahkan ada yg merasa khusuk dengan sholat syukur, i'tikaf, dzikir berjamaah, shalat Tasbih berjamah dll.
Maka tidak adil kalau amalan itu hanya berlaku untuk 1 Januari yang berkaitan dengan Nasrani. Maka untuk lebih mantab bid'ahnya dan lebih boros lagi kembang apinya kenapa tahun-tahun baru yang lain tidak dibuat???
1.    Tahun Baru Muharram
Kalender Hijriyah atau Kalender Islam adalah kalender yang digunakan oleh umat Islam, termasuk dalam menentukan tanggal dan bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya. Di kebanyakan negara-negarayang berpenduduk mayoritas Islam, Kelender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Hijriyah menggunakan sistem kalender lunar (komariyah).

2. Januari, di adopsi kalender Gregori. Kalender Gregorian merupakan modifikasi kalender julian. Yang pertama kali mengusulkannya adalah doctorAloysius lilius dari Napoli, Italia dan disetujuiPaus Gregorius XIII pada 24 Februari 1582. Penanggalan tahun ini, berdasarkan tahun masehi. Awal tahun Masehi merujuk kepada tahun yang dianggap tahun kelahiran Nabi Isa Al-Masih karena itu kalender ini dinamakan Masihiyah.
3. Tahun baru Imlek atau kalender Tionghoa adalah kalender lunisolar yang dibentuk dengan menggabungkan kalender bulan dan kalender matahari. Tahun baru Imlek jatuh pada malam bulan baru pada musim dingin (antara akhir Januari hingga awal Februari)
Kalender Tionghoa memiliki aturan yang sedikit berbeda dengan kalender umum, seperti: perhitungan bulan adalah rotasi bulan pada bumi. Berarti hari pertama setiap bulan dimulai dengan pada tengah malam hari bulan muada astronomi (Catatan : "hari" dalam kalender Tionghoa dimulai dari jam 11 malam dan bahkan jam 12 tengah malam). Satu tahun ada 12 bulan, tetapi setiap 2 atau 3 tahun sekali  terdapat bulan ganda (runyue, 19 tahun 7 kali). Berselang satu kali jieqi (musim) tahun matahari Cina adalah setara dengan satu permulaan matahari ke dalam tanda zodiak tropis. Matahari selalu melewati titik balik matahari musim dingin (masuk Capricorn) selama bulan 11.
4.    Tahun Baru Saka
Kalender Saka adalah sebuah kalender yang berasal dari India. Kalender ini merupakan sebuah penanggalan syamsiah-kamariah (candra-surya) atau kalender lunisolar. Berhubung bulan-bulan pada kalender Sakaberawal pada tahun 78 Masehi dan juga disebut sebagai penanggalan Saliwahan. Kala itu Saliwahana yang adalah seorang raja ternama dari India bagian selatan, mengalahkan kaum saka. Tetapi sumber lain menyebutkan bahwa mereka dikalahkan olehWikramaditya. Wikramaditya adalah seorang musuh atau saingan saliwihana, beliau berasal dari India bagian utara.
5.    Dalam kalender Bahai
Tahun baru jatuh pada tanggal 21 Maret yang disebut Naw Ruz.
6.    Rosh Hasanah
Merupakan perayaan tahun baru bagi umat Yahudi. Hari tersebut jatuh sebelum tanggal 5 September pada kalender Gregorian.
7.    Tahun Baru Thailand
Dirayakan mulai tanggal 13 April hingga 15 April dengan upacara penyiraman air.
8.    Tahun Baru Vietnam
Disebut Tet Nguyen Dan, dirayakan pada hari yang sama dengan Imlek.
9.    Tahun Baru Jepang
Tahun Baru di Jepang dirayakan tanggal 1 Januari dan berlangsung
hingga tanggal 3 Januari.
Atau sebaiknya tinggalkan itu semua karena ada hadits ini:
(حديث موقوف) ثنا ثنا يَحْيَى ، ثنا أَبُو مُعَاوِيَةَ ، عَنِ الأَعْمَشِ ، عَنْ عُمَارَةَ ، عَنْعَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ ، قَالَ : " الاقْتِصَادُ فِي السُّنَّةِ خَيْرٌ مِنَ الاجْتِهَادِ فِي بِدْعَةٍ " .
"BERSAHAJA DENGAN SUNNAH LEBIH BAIK DARI BER SUNGGUH2 DENGAN BID'AH"
Mudah-mudahan hadits mauquf ini dapat difahami.
Allhumma Ya Allah, ampunilah mereka sebab kebanyakan mereka tidak mengetahuinya.
Wallahu'alam
10Rabi'ulAwal 1436H/1-1-2015
Abu Aminah Abdurrahman Ayub
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Rahman Ayub
Hp/WA 081310144169
http://www.yusna.com/2014/12/proposalrenovasi-masjid-uswah-hasanah.html

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.