MUTIARA NASIHAT #99
BALIK KAMPUNG YANG SEBENARNYA

Bismillah

Menjelang hari raya terutama iedulfitri, kaum muslimin berbondong-bondong balik kampung atau mudik. Bahkan tidak sedikit kendaraan mereka membawa bekal sebanyak-banyaknya.
Nabi shalallah 'alaihi wasalam mengingatkan pada kita agar keberadaan kita di dunia hanya seperti musafir, orang asing yang akan balik kampung. Sebagaimana sabdanya:
عَنْ ابْنِ عُمَرْ رضي الله عَنْهُمَا قَالَ : أَخَذَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم بِمَنْكِبَيَّ فَقَالَ : كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيْبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيْلٍ . وَكاَنَ ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُوْلُ : إِذَا أَمْسَيْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ، وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الْمَسَاءَ، وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ، وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ . [رواه البخاري
Dari Ibnu Umar radhiallahuanhuma berkata : Rasulullah r memegang pundak kedua pundak saya seraya bersabda : “Jadilah engkau di dunia seakan-akan orang asing atau pengembara“, Ibnu Umar berkata : Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari, dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah kesehatanmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu “ (Riwayat Bukhori)

Syaikh Abdul 'Aziz Aalu Syaikh menerangkan kenapa kita diperintahkan di dunia seperti orang asing atau musafir? Beliau menerangkan bahwa dunia bukan tempat asal kita, sebab Adam dan Hawa , kakek dan nenek kita asal tempat tinggalnya adalah sorga bukan dunia.
Maka dunia hanya sekedar persinggahan seorang asing yang akan membawa bekal ke tempat asalnya yaitu surga, dan tidak ada perbekalan untuk balik kampung yang penuh kenikmatan, kesenangan, tidak ada lagi keluhan dan kepenatan yaitu kampung sorga. Kecuali berbekal taqwa dan amal soleh.
Sebab itu harus diraih dengan kesungguhan tidak boleh menunda-nunda sebagaimana Ibnu Umar rodhiallah 'anhu berpesan. "Jika kesempatannya sore jangan menunggu pagi, jika kesempatanya pagi jangan menunggu sore. Gunakan sehat sebelum sakit dan hidup sebelum mati"
Selamat balik kampung surga dengan bekal Iman Taqwa dan amal saleh.
Allahumma Ya Allah masukan kami ke surga firdausMu yang tinggi.

Wallahu'alam

Pondok Aren
27Muharram 1436H/20-11-2014
Abu Aminah Abdurrahman Ayub.
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Raman Ayub
www.yusna.com
Hp/WA 081310144169
uswah.hasanah249@gmail.com
Kami sedang mengadakan renovasi masjid USWAH HASANAH, yang ingin meringankan silahkan mengirim ke rekening ini:
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)
YAYASAN USWAH HASANAH (YUSNA)
707 9091388

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.