MUTIARA NASIHAT #92
AYAT ANCAMAN SEKALIGUS PENGUAT MOTIVASI AMAL

Bismillah
Dalam surat Taubah ayat 81 ada kalimat yang dahsyat untuk menegur kita, yaitu pada kalimat "Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui"
Secara lengkapnya terjemahan ayat tersebut seperti di bawah ini:
Orang-orang yang ditinggalkan (tidak ikut perang) itu, merasa gembira dengan tinggalnya mereka di belakang Rasulullah, dan mereka tidak suka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah dan mereka berkata: "Janganlah kamu berangkat (pergi berperang) dalam panas terik ini". Katakanlah: "Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui. QS Attaubah ayat 81

Al-Hafidh Ibnu Katsir menjelaskan ayat diatas dalam tafsirnya: "Allah ta'ala berfirman dalam rangka mencela kaum munafikin yang menyelisihi para sahabat Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam pada peperangan Tabuk. Mereka merasa senang dengan tidak ikutnya ke medan perang setelah kepergian Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam. Dan merasa tidak senang berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah Shubhanahu wa ta'alla, dan mereka berkata satu sama lain; “Janganlah kamu berangkat perang dalam panas yang terik ini”. Hal itu, karena pada saat terjadinya peperangan Tabuk kondisinya sedang musim panas dan buah-buahan sudah siap panen. Oleh karena itu mereka mengatakan, seperti yang Allah nukil: “Janganlah kamu berangkat (pergi berperang) dalam panas terik ini". Maka Allah mengatakan: “Katakan pada mereka kalau neraka Jahanam yang disiapkan bagi orang-orang yang menyelisihi perintah -Nya itu lebih panas dari apa yang kalian lari darinya yaitu terik mentari”. Bahkan neraka, panasnya lebih panas dari api yang ada didunia, sehingga kalau seandainya mereka mengetahui serta paham tentu mereka lebih memilih untuk ikut berangkat bersama Rasulallah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dijalan Allah Shubhanahu wa ta'alla walaupun dalam terik panas, agar bisa melindungi mereka dari panasnya neraka Jahanam yang berlipat-lipat.
Saudara dan saudari seiman
Jika kita sedang berpuasa dan cuaca panas, seolah matahari seakan-akan ingin melumat tubuh kita maka ingatlah
"Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui".
Jika seorang muslimah dengan keanggunan pakaian hijabnya yang diperintahkan syariat dia kenakan ketika keadaan cuaca yang sangat panas, baik di jalan, di pasar, atau ketika dia sedang  beraktifitas sekitar rumahnya menyapu halaman menjemur dll, jika dia merasa panas maka ingatlah "Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui"
Atau ketika haji atau umroh dengan segala aktifitas haji atau umroh dari tawaf, sa'i atau arofah dll. Seorang merasakan panas yang menyengat maka ingatlah "Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui"
Jika seorang bersabar, istiqomah dengan Tauhid ditengah-tengah banyaknya kemusyrikan, atau seorang berpegang sunnah ditengah banyaknya pelaku bid'ah, atau seorang berpegang teguh dengan agama Allah, berat seperti menggenggam bara api yang sangat panas maka ingatlah "Api neraka jahannam itu lebih sangat panas(nya)" jika mereka mengetahui"

Wallahu'alam

Ya Allah aku berlindung padaMu dari adzab api neraka, dan adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian serta fitnah masih dajjal.

Pondok Aren
10Muharram 1436H/3-11-2014
Abu Aminah Abdurrahman Ayub.
Pin bb 7FB8C9B6.
www.yusna.com
Hp/WA 081310144169
uswah.hasanah249@gmail.com
Kami sedang mengadakan renovasi masjid USWAH HASANAH, yang ingin meringankan silahkan mengirim ke rekening ini:
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)
YAYASAN USWAH HASANAH (YUSNA)
707 9091388

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.