MUTIARA NASIHAT #90
LIMA PERKARA YANG WAJIB DIWASPADAI!!!

Bismillah
Kita telah mengetahui bahwa Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasalam adalah seorang Nabi yang ma'shum yang Allah Ta'ala pilih dan menjadi penghulu para Nabi 'alaihim assalaam.
Namun dengan sekian banyak keistimewaan yang Beliau dapatkan, Beliau masih tetap berlindung pada Allah Ta'ala dari perkara-perkara yang wajib diwaspadai.
Ada lima perkara yang perlu kita waspadai dan hal itu ternyata justru dari sekitar kita yang dekat bahkan keseharian kita hampir tidak lepas dengan 5 perkara tersebut, sebagaimana dalam hadits mulia dibawah ini:
عن أبي هريرة ، رضي الله عنه قال : كان من دعاء رسول الله صلى الله عليه وسلم
« اللهم إني أعوذ بك من جار السوء ومن زوج تشيبني قبل المشيب ومن ولد يكون علي ربا ومن مال يكون علي عذابا
ومن خليل ماكر عينه تراني وقلبه ترعاني إن رأى حسنة دفنها ، وإذا رأى سيئة أذاعها »
الحديث جود أسناده العلامة الألباني - رحمه الله - في السلسلة الصحيحة 
Dari Abi Hurairah ridho Allah kepadanya berkata adalah dari doa Rasulullah shalallah 'alaihi wasalam:
"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang jelek, dari pasangan hidup (suami/istri) yang membuatku beruban sebelum waktunya (maksudnya menjadi beban pikiran), dari anak yang menjadi penguasa atasku, dari harta yang menjadi ‘adzab bagiku, dan dari teman dekat yang berbuat makar yang mana matanya senantiasa melihatku dan hatinya senantiasa mengawasiku (yakni senantiasa mencari-cari ‘aib ku). Jika ia melihat kebaikan dariku, maka ia memendamnya. Namun jika ia melihat kejelekan dariku, maka ia menyebarkannya".
Hadits yang sanadnya telah dikumpulkan oleh Syaikh Albani dalam silsilah ahadits shahiha.
Dalam hadits diatas maka hendaknya kita waspada atas 5 perkara :
1.    Tetangga yang jelek / buruk. Tentu bukan wajah atau fisiknya akan tetapi akhlak dan kerusakan yang ditimbulkannya baik masalah aqidah, akhlak dll.
2.    Pasangan hidup ( suami/istri ) yang menyusahkan sehingga pasangannya menjadi cepat tua, sperti uban yang  banyak tidak sesuai dengan umurnya dll.
3.    Anak yang memperbudak dua orang tuanya.
4.    Harta yang menjadi adzab karena haram sumbernya dan untuk suatu yang haram. Atau halal sumbernya tapi untuk yang haram.
5.    Teman dekat yang jahat, yang selalu mencari-cari kesalahan, pandangannya persahabatan tapi hatinya penuh selidik mencari aib. Kebaikan kita dipendamnya artinya tdk dihargai tapi kejelekan kita akan diumbar kemana-mana. Senang melihat kesusahan kita dan susah melihat kesenangan kita.
Waspadalah!!!.

Pondok Aren
9Muharram 1436H/2-11-2014
Abu Aminah Abdurrahman Ayub.
Pin bb 7FB8C9B6.
www.yusna.com
Hp/WA 081310144169
uswah.hasanah249@gmail.com
Kami sedang mengadakan renovasi masjid USWAH HASANAH, yang ingin meringankan silahkan mengirim ke rekening ini:
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)
YAYASAN USWAH HASANAH (YUSNA)
707 9091388

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.