MUTIARA NASIHAT #101
SIFAT YANG PERLU ADA


Bismillah
Sifat manusia bermacam-macam, dan berbeda-beda walau satu ayah satu ibu, walau seorang anak  kembar identik sekalipun. Dalam sekian banyak perbedaan sifat kita ada yang harus kita tumbuhkan, kita pertahankan jika sudah ada pada diri kita, dan kita bersyukur jika Allah memberi sifat ini pada kita, yaitu sifat malu. Sebab Nabi shalallah 'alaihi wasalam bersabda:
عَنْ أَبِي مَسْعُوْدٍ عُقْبَةَ بِنْ عَمْرٍو الأَنْصَارِي الْبَدْرِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلاَمِ النُّبُوَّةِ الأُوْلَى، إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ . [رواه البخاري ]
Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amr Al Anshary Al Badry radhiallahuanhu dia berkata: Rasulullah shalallahu 'alaihi waslam bersabda: Sesungguhnya ungkapan yang telah dikenal orang-orang dari ucapan nabi-nabi terdahulu adalah:  Jika engkau tidak malu perbuatlah apa yang engkau suka.
(Riwayat  Imam Al Bukhari )
Nabi telah menyatakan dalam hadits di atas bahwa malu suatu  yang tidak asing bagi para Nabi sebelum beliau. Dan rasa malu menjadi tolok ukur perbuatan seseorang, jika seseorang telah meninggalkan rasa malu, maka jangan harap lagi (kebaikan) darinya sedikitpun. Malu pada Allah merupakan landasan akhlak mulia dan selalu bermuara kepada kebaikan. Kian bertaqwa seseorang kian banyak malunya.
Malu berbuat kemusyrikan maka dia akan berusaha untuk benar-benar mentauhidkan Allah.
Malu berbuat bid'ah maka dia akan benar-benar mempelajari dan mengamalkan serta mendakwahkan sunnah.
Malu dengan perkara yang haram dan syubhat maka dia akan berusaha mencari yang halal dan yang jelas. Dan seterusnya malu dari perkara-perkara yang negatif maka dia akan selalu positif dalam segala hal.
Allahumma Ya Allah hiasillah diri hamba dengan sifat malu karena Mu.
Wallahu'alam

Pondok Aren
30Muharram 1436H/23-11-2014
Abu Aminah Abdurrahman Ayub.
Pin bb 7FB8C9B6.
Fb Abdul Raman Ayub
www.yusna.com
Hp/WA 081310144169
uswah.hasanah249@gmail.com
Renovasi masjid USWAH HASANAH,
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)
YAYASAN USWAH HASANAH (YUSNA)   707 9091388
Norek BCA 5475122515. An.Henriyanto & Drs. Abdul Gani
BNI Syariah Norek  828900091

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.