MUTIARA NASIHAT #79
MENUNDA DAN MENYESAL



Bismillah
Berapa banyak planing-planing yang kita rencanakan dalam menjalani kehidupan. Ada yang kita sudah laksanakan ada yang masih dalam rancangan. Maka pandai-pandailah kita mengaturnya mana yang segera kita laksanakan mana yang kita tunda.
Jika perkara-perkara yang penting berkaitan dengan urusan keluarga kita sudah selesai maka suatu kebaikan jika kelebihan itu kita utamakan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang dalam kesusahan, atau untuk rumah-rumah Allah yang memerlukan bantuan.
Hal yang demikian Allah telah ingatkan pada kita:
Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?" AL-MUNAAFIQUUN : Ayat 10
Karena penundaan yang berujung dengan kematian adalah penyesalan yang panjang karena kematian atau sakratulmaut suatu yang tidak bisa ditawar, kita bisa menunda pekerjaan, menunda amal baik namun kita tidak bisa menunda kematian. Hal ini telah Allah nyatakan :
Dan (ingatlah), Allah tidak sekali-kali akan menunda kematian seseorang (atau sesuatu yang bernyawa) apabila sampai ajalnya; dan Allah Amat Mendalam PengetahuanNya mengenai segala yang kamu kerjakan. Almunafiquun ayat 11.
Tiada lagi arti keinginan baik yang tertunda karena kelalaian, kecuali buahnya hanyalah penyesalan.
Keinginan besedekah, beramal soleh dan berbuat baik ketika sudah datang malaikat maut ibarat keinginan seorang bayi yang tergolek yang lapar ingin makan, ingin minum ingin kotorannya dibersihkan.
Namun selemah-lemah bayi masih bisa berisyarat dengan nangis teriak agar sibunda dan manusia disekitarnya mengetahuinya.
Tapi bagaimana dengan simayit???
Wallahu"alam
Ya Allah mudahkan kami dalam beramal soleh dan jauhkan kami dari sifat lalai dan menunda-nunda amal baik.

Wassalaam

Pondok Aren
26/27dzulhijjah1435H/21-10-2014
Abu Aminah Abdurrahman Ayub.
uswahhasanah249.blogspot.com
Hp/WA 081310144169
uswah.hasanah249@gmail.com
Kami sedang mengadakan renovasi masjid USWAH HASANAH, yang ingin meringankan silahkan mengirim ke rekening ini:
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)
YAYASAN USWAH HASANAH (YUSNA)
707 9091388

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.