MUTIARA NASIHAT #76
ISLAM BUKAN MENURUT KEMAUAN SESEORANG



Bismillah
Tidak jarang kita mendengar kalimat "Menurut saya Islam begini...begitu" atau kata-kata: "Saya rasa sebaiknya begini begitu" juga kalimat "Yang penting niat .....Allah juga Tau" dst.
Kalimat-kalimat tersebut kalau untuk perkara dunia maka tidak ada masalah, bahkan untuk urusan dunia seseorang dibolehkan berinovasi, kreatif dst.
Tapi tidak untuk urusan agama Islam, sebab Islam dibangun oleh Allah, milik Allah, kepunyaan Allah sebagaimana hadits
عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ :
سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله وسلم يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ :
 شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ
وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ.
رواه الترمذي ومسلم
Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin AlKhatthab radiallahu’anhuma ia mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Islam itu dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak untuk disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, menegakkan shalat, mengeluarkan zakat, berhaji ke Mekkah dan berpuasa di bulan Ramadhan.”(HR. Al Bukhari dan Muslim).
Syaikh Abdul 'Aziz Aalu Syaikh dlm syarahnya bertanya siapa yang membangun Islam? Maka jawabnya pasti yang membangunnya adalah Allah.
Maka jika demikian tertutup celah seorang membuat-buat sesuatu dan dinyatakan ini adalah dari Islam atau Islami selama tidak ada dalilnya. Dan sesuatu dianggap dari Islam apabila ada dalilnya yang sah baik itu dari Alquran dan hadits sahih dan sunnah sahabat semua itu telah Allah tetapkan dalam Quran dan sunnah NabiNya.
Dan Allah menjaga Din ini salah satunya dengan ilmu Sanad yaitu sandaran atau orang- orang pilihan yang mendengar dari Nabi salawat dan salam kepadanya, yaitu para sahabat ridho Allah pada mereka semua, kemudian tabi'in dan pengikut para tabi'in dan seterusnya mudawin para pengumpul dan pemelihara hadits2 Nabi salawat dan salam kepadanya. Yang alam istilah syariat disebut sanad.
Maka ilmu sanad bagian dari agama sebagaiman pernyataan Abdullah bin Mubârak rahimahullah mengatakan :
اْلإسْنَادُ مِنَ الدِّيْنِ لَوْلاَ الإِسْنَادُ لَقَالَ مَنْ شَاءَ مَا شَاءَ
Isnad itu bagian dari agama. Kalau sekiranya tidak ada isnad, niscaya siapa saja dapat mengatakan apa saja saja yang ia mau katakan. [Riwayat Imam Muslim dalam muqaddimah kitab Shahîhnya]
Bayangkan sudah ada ilmu sanad atau Isnad saja, ada manusia-manusia yang  nekat membuat perkara-perkara baru dan dinyatakan itu dari Islam, sebagaimana yang kita lihat sekarang ini. Apalagi tidak ada ilmu sanad atau isnad maka lebih mengerikan lagi ......
Maka bersyukur dan bersyukurlah sekali lagi bersyukurlah seorang yang berpegang teguh sengan firman Allah dan sunnah NabiNya serta ucapan para sahabat dengan kefahaman salafus soleh orang-orang yang terdahulu yang soleh yang murni keislaman mereka.
Ya Allah tampakkanlah kepada kami yang haq itu haq mudahkan kami mengikutinya. Dan yang bathil itu bathil dan jauhkan kami dalam mengikutinya. Aamiin Ya Rabbal'alamiin.

Wallahu'alam

Pondok Aren
22/23dzulhijjah1435H/17-10-2014
Abu Aminah Abdurrahman Ayub.
uswahhasanah249.blogspot.com
Hp/WA 081310144169
uswah.hasanah249@gmail.com
Sedang mengadakan kegiatan renovasi masjid USWAH HASANAH, yang ini meringankan silahkan mengirim ke rekening ini:
BANK SYARIAH MANDIRI (BSM)
YAYASAN USWAH HASANAH (YUSNA)   707 9091388

0 komentar:

Posting Komentar

  © Copyright © 2016. YUSNA.::Yayasan Uswah Hasanah::. . All Rights Reserved.